oleh

5 Makanan yang Bisa Turunkan Hipertensi

PortalMadura.Com – Penyakit hipertensi merupakan salah satu penyakit yang berbahaya, karena bisa terjadi secara mendadak tanpa bisa diprediksi. Hal itu disebabkan oleh banyak hal, salah satunya makanan.

Sekarang penyakit hipertensi tidak hanya diderita oleh lansia, jadi mulai sekarang Anda harus waspada pada penyakit ini. Salah satu caranya yaitu dengan sering mengonsumsi beberapa jenis makanan yang bisa mencegah atau menormalkan tekanan darah. Lantas makanan apa saja itu?

Berikut ini ulasannya:

Blueberry
Segenggam blueberry kaya akan senyawa yang disebut flavonoid. Satu studi menemukan bahwa flavonoid dapat mencegah hipertensi dan membantu menurunkan tingkat tekanan darah. Maka itu, buah ini sangat cocok dikonsumsi ke dalam menu diet Anda.

Buah Bit
Buah bit merupakan makanan lain yang efektif menurunkan tekanan darah. Buah itu mengandung nitrat oksida yang tinggi sekali. Nitrat oksida membantu membuka pembuluh darah, sekaligus menurunkan tekanan darah. Dalam satu penelitian, ditemukan bahwa nitrat yang terkandung dalam buah bit dapat menurunkan tekanan darah dalam 24 jam.

Biji rami
Makan biji rami telah dikaitkan dengan penurunan tekanan darah sistolik dan tekanan darah diastolik, kurang lebih selama 6 bulan khusus pada orang dengan hipertensi. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Hypertension, ada empat senyawa baik yang dikandung biji rami. Antara lain yaitu asam alfa linolenik, lignan, peptida dan serat. Manfaatnya diyakini menjadi alasan untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang Anda alami.

Cokelat
Dark chocolate, dengan 70% cocoa kaya flavanols yang dapat mengurangi tekanan darah. Banyak penelitian lain juga menunjukkan bahwa polifenol dalam produk cokelat dikaitkan dengan pembentukan oksida nitrat, yang membantu menjaga tekanan darah. Anda harus memperbanyak makan cokelat saat angka tekanan darah dalam tensi terdeteksi tinggi sekali.

Kacang Pistasio
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Hipertensi mengamati, seseorang yang konsumsi pistasio, berguna untuk mengontrol kolesterol LDL tinggi. Jika Anda konsumsi satu atau dua porsi pistasio setiap hari, selama empat minggu, hasilnya tekanan darah sistolik jadi lebih rendah. Diperkirakan bahwa kacang pistasio dapat mengurangi penyempitan pembuluh darah perifer, sehingga baik untuk kesehatan Anda. (okezone.com/Desy)


Komentar