5 Manfaat Baking Soda Untuk Kecantikan yang Perlu Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.com
5 Manfaat Baking Soda Untuk Kecantikan yang Perlu Anda Ketahui
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu bahan penting dalam membuat kue yaitu . Selain bisa membuat kue mengembang sempurna, baking soda ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kecantikan. Lantas apa saja khasiat baking soda untuk kecantikan?

Berikut penjelasannya:

Menyegarkan Napas dan Memutihkan Gigi
Baking soda menjadi bahan yang sangat baik untuk perawatan mulut. Studi menunjukkan bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue lebih baik dalam memecah plak dan memutihkan gigi daripada pasta gigi yang tidak tanpa soda kue. Anda tidak perlu membeli pasta gigi untuk menikmati manfaatnya, karena Anda dapat membuat sendiri pasta pemutih gigi dengan campuran baking soda dan air.

Soda kue juga memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang kuat, sehingga bagus untuk menjadikannya obat kumur. Cukup campurkan ½ sendok teh soda kue ke dalam setengah gelas air, lalu gunakanlah untuk berkumur seperti obat kumur lainnya. Campuran ini bagus untuk mencapai celah di antara gigi yang mungkin terlewatkan ketika menyikat.

Menyembuhkan Sariawan
Sariawan yang kecil dapat menyebabkan rasa sakit yang lumayan menyiksa. Jika Anda terganggu oleh sariawan, gunakan obat kumur dari soda kue setiap hari. Penelitian menunjukkan bahwa hal ini dapat secara signifikan mengurangi rasa sakit serta mempercepat penyembuhan.

Menghilangkan Bau Keringat
Deodoran merupakan produk lain yang sering mengandung soda kue karena sangat baik dalam menyerap bau. Ini menjadi alasan yang sama bahwa beberapa orang meninggalkan kotak soda kue yang terbuka di kulkas atau kamar mandi mereka.

Tahukah Anda bahwa keringat manusia sebenarnya tidak berbau? Bau tersebut mulai muncul ketika bakteri di kulit Anda mulai memecahnya menjadi produk limbah asam. Baking soda tidak sepenuhnya menghentikan proses ini, tetapi membuat hasilnya lebih sedikit asam, sehingga bau keringat pun kurang tajam. Cobalah menepuk beberapa soda kue di ketiak Anda dalam keadaan darurat sebagai deodoran alami.

Menenangkan Gatal dan Kulit yang Tersengat Matahari
Soda kue merupakan obat yang baik untuk semua jenis penyakit kulit. Baking soda sangat baik untuk menghilangkan gatal kronis dan iritasi karena gigitan serangga. Caranya dengan membuat pasta kental dari campuran soda kue dan air, lalu oleskan ke daerah yang gatal.

Jika kulit Anda yang terbakar akibat sengatan matahari, cobalah mandi menggunakan soda kue. Cukup tambahkan 1-2 buah baking soda ke dalam bak mandi berisi air hangat (tidak panas). Kemudian berendamlah selama kurang lebih 30 menit, pastikan bahwa area yang terkena benar-benar tertutup. Beberapa bukti menunjukkan bahwa kulit terbakar cepat lebih baik ketika tepung jagung dan oatmeal ditambahkan ke dalam bak mandi juga.

Baca Juga:  Fokus Laga Lawan Persebaya

Mengurangi Kapalan
Kapalan merupakan lapisan kulit yang keras dan kasar yang terbentuk di area yang menerima tekanan atau gesekan yang konsisten. Misalnya gitaris yang memiliki kapalan khas di jari tangan mereka. Kapalan juga sering terjadi pada kaki karena mereka sering di bawah tekanan. Setiap tindakan berulang yang konsisten dapat cenderung menyebabkan kapalan.

Kapalan sebenarnya tidak berbahaya, tetapi kadang-kadang mereka bisa mengganggu penampilan, sehingga Anda mungkin ingin melunakkan atau menguranginya. Soda kue juga bisa membantu hal tersebut. Berendam dalam bak mandi dapat meringankan rasa sakit dan melunakkan kapalan dan cukup untuk menghilangkan bintik-bintik kasar. Nah, itu tadi beberapa manfaat dan kegunaan baking soda yang dapat menunjang penampilan Anda.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.