oleh

5 Manfaat Bauh Gowok yang Bagus Bagi Kesehatan Anda

PortalMadura.Com – Buah gowok atau biasa disebut buah kupa merupakan buah yang tergolong jenis jambu-jambuan atau Myrtaceae. Buah ini paling banyak ditemukan di daerah Jawa dan Kalimantan.

Buah gowok ini berbentuk bulat mirip buah blueberry, namun dengan warna lebih gelap keunguan. Saat ini, buah gowok masuk ke dalam kategori buah yang sulit ditemukan. Keberadaannya yang semakin sedikit membuatnya kalah bersaing dengan buah-buahan impor yang tersebar di pasaran.

Buah ini menempel ditangkai hijau pohonnya. Bahkan mempunyai rasa yang sedikit asam dan segar karena mengandung banyak air didalamnya. Dagingnya berwarna putih dan teksturnya kenyal saat digigit.

Melansir dari PortalMadura.Com dikutip idntimes.com, disamping nikmat gowok juga banyak memiliki kandungan nutrisi di antaranya adalah vitamin, mineral, antioksidan, dan lainnya. Buah gowok memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, seperti apa simak dibawah ini.

Ampuh Mengatasi Jerawat dan Baik Bagi Kesehatan Kulit
Dipercaya baik bagi kesehatan kulit, buah gowok ampuh juga mengatasi jerawat yang membandel di kulit wajah. Sebelum menggunakan obat kimia yang berpotensi merusak wajah, tak ada salahnya mencoba gowok sebagai pengobatan. Kulit kering, kusam, gatal-gatal dan masalah kulit lain akan bisa teratasi dengan buah gowok.

Menangkal Efek Radikal Bebas
Secara tidak langsung membuat awet muda, buah gowok yang memiliki zat antioksidan mampu meregenerasi sel-sel kulit mati. Selain itu, buah gowok juga mampu menangkal radikal bebas sehingga bisa membuat kulitmu terlihat lebih cerah dan segar.

Baca Juga: Datang dari Malaysia, Madura United Pertimbangkan Uji Coba di Madura

Menjaga Kestabilan Asam Lambung
Buah gowok juga sangat mujarab mengobati sakit maag. Terutama yang kurang bisa menjaga pola makannya, maka urusan perut dan lambung tentu saja harus Anda jaga kesehatannya. Maag yang sudah akut akan membuat kesehatanmu terganggu dan menjadi pemicu timbulnya penyakit-penyakit lainnya.

Mujarab Mengatasi Kencing Manis
Diabetes alias kecing manis dewasa ini banyak menjangkiti orang-orang yang memiliki banyak kesibukan sehingga melupakan kesehatannya. Kencing manis yang diawali dengan gejala-gejala tertentu bisa diatasi dengan mengonsumi buah gowok. Memiliki zat dan senyawa penting, buah gowok efektif mengatasi masalah kesehatanmu.

Mengobati Diare dan Masalah Pencernaan Lainnya
Buah gowok juga dipercaya mampu mengatasi masalah pencernaan, diantaranya diare. Meski ada banyak tanaman herbal yang dipercaya ampuh mengatasi diare, Anda perlu juga mencoba buah gowok sebagai pengobatannya. Sudah rasanya segar, Anda juga mendapat manfaat banyak dengan mengonsumsinya.

Meskipun buah gowok termasuk buah yang langka di Indonesia, namun buah gowok masih tumbuh subur di beberapa tempat di nusantara. Cobain yuk?

Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber : idntimes.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE