oleh

5 Manfaat Buah Ara bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

PortalMadura.Com – Buah ara adalah buah dari pohon ara yang dipercaya berasal dari Asia Barat dan Timur Tengah. Buah ini sudah dikenal di dunia kuno sebagai makanan umum dan termasuk salah satu tanaman yang pertama kali dibudidayakan oleh manusia. Daging buahnya berwarna merah muda dan memiliki rasa yang manis.

Buah ara mengandung nutrisi dan menawarkan berbagai manfaat bagi kesehatan. Tidak banyak orang yang tahu jika buah ara kaya akan kandungan nutrisi seperti serat, kalium, kalsium dan magnesium, tak heran jika buah ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh.

Buah berbentuk lonceng ini memiliki banyak biji, namun mudah dicerna oleh tubuh. Mereka dapat meningkatkan pencernaan yang sehat, mengurangi risiko penyakit jantung dan membantu mengelola kadar gula darah. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat rasakan saat mengonsumsi buah ara, seperti yang dilansir dari laman fimela.com.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
Buah ara telah lama digunakan sebagai obat rumah atau obat alternatif untuk masalah pencernaan seperti sembelit. Ara mengandung serat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dengan melunakkan tinja, mengurangi sembelit dan berfungsi sebagai prebiotik atau suber bakteri sehat untuk usus.

Meningkatkan Kesehatan Pembuluh Darah dan Jantung
Buah ara dapat meningkatkan tekanan darah dan kadar lemak darah, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Ekstrak ara dapat menunkan tekanan darah dengan tekanan normal. Namun, tetap konsumsi dalam jumlah normal, agar tidak muncul masalah kesehatan lainnya.

Dapat Mengatur Kadar Gula Darah
Minuman yang mengandung ekstrak buah ara dosis tinggi memiliki glikemik yang lebih rendah daripada minuman tanpa ekstrak buah ara, yang berarti ini akan memiliki efek yang lebih menguntungkan pada kadar gula darah. Namun, buah ara kering, memiliki kandungan gula dan dapat meningkatkan kadar gula darah dalam jangka pendek. Jika kesulitan mengatur kadar gula darah, kita harus membatasi asupan buah ara kering.

Memiliki Sifat Antikanker
Daun ara dan getah alami dari tanaman ara telah terbukti menunjukkan aktivitas antitumor terhadap kanker usus besar manusia, kanker payudara, kanker serviks dan sel-sel kanker hati. Sebaiknya konsumsi buah ara segar yang tidak ada penambahan bahan lain seperti gula untuk membuatnya lebih manis.

Untuk Kesehatan Kulit
Buah ara memiliki beberapa efek menguntungkan pada kulit terutama pada orang dengan alergi dermatitis atau kulit kering dan gatal akibat alergi. Terlebih lagi, kombinasi ekstrak buah dan buah ara terbukti menunjukkan efek antioksidan untuk sel-sel kulit, mengurangi kerusakan kolagen dan meningkatkan penampilan wajah supaya tidak mudah keriput.

Rewiter : Nurul Hijriyah
Sumber : fimela.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar