oleh

5 Manfaat Daun Bakung bagi Kesehatan

PortalMadura.Com – Daun bakung atau Crinum asiaticun merupakan sejenis daun yang tanamannya digunakan sebagai tanaman hias. Selain itu, juga bisa dijadikan campuran sayuran berkuah atau tumisan serta bisa menambah kelezatan masakan.

Ada bermacam zat dan senyawa penting yang terkandung di dalam daun bakung. Seperti niacin, kalsium, fosfor, potassium, vitamin A, B kompleks, dan masih banyak lagi. Sehingga daun ini dipercaya mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan.

5 Manfaat Daun Bakung bagi Kesehatan

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Selasa (28/1/2020) dari laman idntimes.com yang dikutip dari berbagai sumber. Berikut beberapa khasiat daun bakung bagi kesehatan:

Membantu Meredakan Gejala Radang Tenggorokan dan Panas Dalam

Karena bersifat anti inflamasi, maka sudah pasti ia bisa membantu meredakan gejala panas dalam dan peradangan pada tenggorokan, lho.

Gejala panas dalam dan radang tenggorokan yang Anda derita akan teratasi dengan mudah dengan mengonsumsi daun bakung. Meski sederhana, pengobatan alami ini mampu membuat gejala panas mereda dengan cepat.

Menambah Stamina dan Kekuatan Otot

Di samping bersifat anti inflamasi, daun bakung juga mengandung potassium yang bermanfaat untuk menambah stamina dan kekuatan otot.

Tanggung jawab pekerjaan yang membludak tentu saja bisa terselesaikan dengan cepat saat stamina Anda terjaga dengan baik. Anda tentu tidak ingin aktivitas Anda terganggu hanya karena stamina yang menurun drastis, bukan?

Baca Juga: Manfaat Sayur Pare bagi Kesehatan Tubuh

Mengatasi Gangguan Tidur, Baik Sulit Tidur atau Mudah Tertidur

Gangguan kesehatan yang menjangkiti banyak generasi muda biasanya berkutat di seputar masalah gangguan tidur. Ingat ya, gangguan tidur tidak hanya berlaku bagi mereka yang kesulitan untuk tidur.

Namun, orang yang terlalu mudah tidur juga merupakan gangguan tidur yang cukup meresahkan. Untuk mengatasi gangguan tidur, daun bakung dipercaya mampu mengatasi berbagai keluhan gangguan tidur.

Membantu Menghentikan Pendarahan dan Mengobati Luka

Masih berkaitan dengan sifat anti inflamasi, tnaman hias ini juga sangat mujarab untuk membantu menghentikan pendarahan sekaligus mengobatinya.

Terutama bagi mereka yang memiliki jiwa petualang yang memiliki kegiatan di luar, luka luar biasanya menjadi hal sehari-hari yang mereka dapatkan.

Bagi yang Bekerja di Depan Komputer, Daun Bakung Efektif Mengobati Gangguan Mata

Mata berair, mata kering, gatal, pandangan kabur, merupakan beberapa gejala yang ditimbulkan saat mata kamu mulai terganggu kesehatannya.

Apalagi bagi mereka yang kesehariannya berkutat dengan komputer dan gadget, sudah pasti gangguan kesehatan mata akan menjangkiti.

Daun bakung yang mengandung vitamin A mampu membuat kesehatanmu terjaga dengan baik.

Meski kini sudah jarang tersedia di pasaran, Anda tentu tidak ingin melewatkan khasiat kesehatan yang terkandung di dalamnya kan?

Rewriter: Desy Wulandari
Sumber : idntimes.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE