5 Manfaat Garam Hitam Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Avatar of PortalMadura.com
manfaat garam hitam untuk kesehatan
manfaat garam hitam untuk kesehatan

PortalMadura.Com -Kali ini kami akan membagikan informasi seputar manfaat Untuk Kesehatan. Mungkin ada penasaran tentang garam hitam. Perlu anda ketahui jika sebenarnya garam tidak hanya berwarna putih, tapi ada banyak jenis garam yang beredar di pasaran.

Seperti garam kasar, atau garam yang sudah dicampur dengan berbagai macam jenis rempah-rempah. Bahkan, ada pula garam yang berwarna hitam. Garam jenis ini memang tidak berwarna hitam 100%. Dinamakan demikian, karena garam hitam tidak melalui serangkaian proses pemutihan yang membuat nutrisi alami garam jadi hilang.

Garam hitam atau dikenal sebagai kala namak, garam ini sudah sejak lama digunakan dalam pengobatan Ayurveda, berkat potensi manfaat kesehatannya serta aroma dan rasanya yang unik yang memberikan rasa khas pada hidangan.

Wajar saja tidak familiar dengan namanya, karena garam hitam ini berasal dari sejenis garam batuan vulkanik India yang bersumber dari kaki bukit pegunungan Himalaya di India, Pakistan, Nepal dan Bangladesh.

Ada banyak jenis garam hitam, yang paling umum adalah garam hitam Himalaya yang memiliki corak coklat kemerahan.

Varietas garam hitam lainnya dapat berwarna merah muda muda hingga ungu muda.

Kebanyakan orang menggunakan garam hitam sebagai pengobatan rumahan untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk kram otot, gas, dan mulas.

Kandungan Garam Hitam

Garam hitam terdiri dari natrium klorida dan jejak kotoran natrium bisulfat, natrium bisulfit, natrium sulfat, besi sulfida, natrium sulfida dan hidrogen sulfida.

Garam hitam himalaya ini sering digunakan dalam masakan khas di India karena memiliki mineral penting dan memiliki rasa yang gurih dan menyengat.

Rasanya mirip dengan telur, itulah sebabnya digunakan dalam hidangan vegan untuk memberi rasa seperti telur.

Garam ini juga dikenal sebagai garam hitam Hawaii, warnanya kehitaman dan menambahkan rasa berasap yang khas pada hidangan. Secara tradisional, garam jenis ini ditambang dari lava hitam di Hawaii.

5 Manfaat Garm Hitam Untuk Kesehatan

manfaat garam hitam untuk kesehatan (1)

Berikut ini lima manfaat garam hitam bagi tubuh:

1. Meringankan Gangguan Pencernaan

Garam hitam tinggi akan senyawa sulfur di dalamnya sehingga bermanfaat untuk mengurangi ketidaknyamanan lambung. Garam ini juga berfungsi sebagai stimulan pencernaan yang menyeimbangkan produksi asam di perut, mengurangi komplikasi pencernaan, dan mencegah maag.

Selain itu garam hitam diyakini dapat menurunkan penyakit terkait perut lainnya seperti sembelit, refluks asam, kembung dan gas.

2. Mengobati Gondok

Garam hitam juga mengandung yodium, zat yang memainkan peranan penting dalam menurunkan risiko gondok.

3. Mengatur Tekanan Darah

Tidak seperti garam biasa, garam hitam rendah kandungan natrium yang berguna untuk mengatur tingkat tekanan darah.

Sehingga jika garam biasnaya menjadi pantangan bagi penderita darah tinggi, tidak halnya dengan garam hitam yang ternyata malah bagus bagi anda yang memiliki darah tinggi.

Dan ini menjadi kabar gembira bagi para penderita darah tinggi yang selam ini menghindari konsumi garam dan terpaksa mengkonsumsi makanan yang rasanya hambar. Dengan garam hitam anda akan merasakan kembali cita rasa makanan.

Walaupun begitu, anda mungkin tidak bisa mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak, selain harganya yang tidak murah. mengkonsumsi secara berlebihan juga diperbolehkan.

Baca Juga: 6+ Gerakan Olahraga Mengecilkan Perut Buncit

4. Mengobati Anemia

Garam hitam juga mengandung zat besi yang lebih tinggi dibandingkan garam biasa. Oleh karenanya, mengonsumsi garam ini bermanfaat untuk mencegah atau mengobati penyakit anemia.

5. Menenangkan Kram Otot

Garam hitam juga dikenal dapat menjaga keseimbangan elektrolit karena kandungan potasium di dalamnya. Manfaatnya, garam ini bisa menenangkan kram otot yang biasanya disebabkan karena ketidakseimbangan mineral di dalam tubuh.

Hal ini karena dalam garam hitam terkandung mineral Kalium, dan Kalium merupakan mineral penting yang membantu mengatur kontraksi otot dan mencegah kram otot. Sehingga sangat cocok di konsumsi para atlet maupun anda yang sering mengalami kram otot akibat kegitan fisik yang anda jalani.

Tambahan Manfaat Garam Hitam Untuk Kesehatan

6. Mengurangi Resiko Obesitas

Penelitian telah menunjukkan bahwa meningkatkan asupan garam dapat meningkatkan risiko obesitas.

Dan garam hitam di sisi lain, mengandung natrium dalam jumlah rendah yang dapat membantu dalam mengatur berat badan. Namun, ada studi terbatas yang tersedia untuk mendukung poin ini dan studi lebih lanjut diperlukan.

7. Dapat mengurangi retensi air

Retensi air terjadi ketika kelebihan air menumpuk di tubuh, terutama di perut, kaki dan lengan yang menyebabkan pembengkakan, kembung, kekakuan pada persendian, penambahan berat badan, nyeri pada bagian tubuh yang terkena dan perubahan warna kulit dan kulit bengkak.

Salah satu penyebab retensi air adalah terlalu banyak mengonsumsi garam sehingga, beralih ke garam hitam yang secara alami rendah natrium dapat membantu mengurangi retensi air.

8. Dapat meningkatkan kesehatan kulit dan rambut

Karena garam hitam mengandung banyak mineral, garam ini dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan rambut.

Bukti anekdot menunjukkan bahwa garam hitam dapat meningkatkan pertumbuhan rambut Anda dan mendetoksifikasi tubuh untuk menghilangkan semua racun, sehingga meningkatkan kesehatan rambut dan kulit.

Garam hitam sudah banyak beredar di pasaran. Maka, Anda pun bisa mencoba dan mendapatkan manfaat sehatnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.