oleh

5 Manfaat Konsumsi Buah Rambai Bagi Kesehatan Tubuh

PortalMadura.Com – Rambai atau dikenal juga dengan nama latin Baccaurea motleyana adalah sejenis buah-buahan yang tumbuh di beberapa daerah di Asia Tenggara seperti Thailand, Malaysia dan Indonesia.

Meskipun buah rambai banyak tumbuh di Indonesia, namun banyak juga yang tidak mengetahui jenis buah ini. Buah rambai bisa dimakan secara langsung dalam keadaan mentah, juga dapat diolah terlebih dahulu dengan direbus atau bisa juga dijadikan selai.

Pastinya, buah rambai memiliki berbagai nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Setiap jenis buah yang dapat dikonsumsi memiliki berbagai macam nutrisi yang baik bagi tubuh. Seperti semua jenis buah pada umumnya, buah rambai juga memiliki banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Buah rambai memiliki kandungan air, protein, sakarosa, serat, dan juga abu. Melansir dari PortalMadura.Com dikutip manfaat.co.id, setiap jenis buah yang dapat dikonsumsi memiliki berbagai macam nutrisi yang baik bagi tubuh. Buah rambai juga memiliki banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Memakan buah rambai akan membuat tubuh menjadi segar. Hal ini disebabkan, karena kandungan nutrisi pada buah rambai yang baik untuk tubuh. Buah yang berbentuk seperti buah duku ini memiliki rasa yang sedikit asam, walau terkadang juga manis.

Manfaat Buah Rambai

Meskipun begitu, buah rambai memiliki manfaat yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Seperti apa manfaatnya, simak dibawah ini.

Menjaga Kesehatan Kulit
Bukan hanya untuk dimakan, tapi juga buah rambai bisa untuk pengobatan luar seperti mengatasi masalah kulit. Tetapi bukan dengan buahnya, melainkan dengan kulit buahnya.

Menggosokkan kulit buah rambai pada bagian kulit yang terkena bakteri seperti panu dan masalah kulit lainnya, akan membantu mengatasi masalah kulit tersebut. Selain itu Anda bisa memanfaatkan daun sambiloto untuk gatal supaya hasilnya optimal.

Menjaga Kesehatan Pencernaan
Kandungan serat yang terdapat buah rambai sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Manfaat serat dapat membantu melancarkan buan air besar sehingga dapat terhindar dari sembelit.

Baik untuk Ibu Hamil Pasca Melahirkan
Masa penyembuhan ibu hamil pasca melahirkan biasanya memakan waktu lama. Terlebih lagi jika kondisi tubuh sang ibu lemah. Meminum air rebusan buah rambai dua kali sehari, dapat membantu mengembalikan kondisi ibu hamil pasca melahirkan menjadi lebih bugar.

Menjaga Kadar Gula Darah
Menjaga kadar gula darah dalam tubuh sangatlah penting, karena kelebihan gula darah dapat menyebabkan penyakit diabetes. Untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh, Anda dapat mengkonsumsi buah-buahan seperti buah rambai. Buah rambai merupakan salah satu jenis buah yang dapat membantu menjaga keseimbangan kadar gula darah dalam tubuh.

Baca Juga : Warga Tanami Pohon Pisang di Jalan Berlumpur

Mengatasi Dehidrasi
Melakukan banyak aktivitas dapat menyebabkan tubuh mengelurkan banyak cairan. Jika tidak diimbangi dengan minum yang banyak dan mengkonsumsi banyak cairan, tubuh dapat mengalami dehidrasi. Mengkonsumsi buah-buahan seperti buah rambai dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang karena mengandung banyak air.

Memiliki bentuk buah yang kecil, bukan berarti memiliki sedikit manfaat. Meskipun buah rambai tergolong buah yang kecil, namun buah rambai memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Jadi, tidak ada salahnya untuk mecoba mengkonsumsi buah rambai sebagai salah satu cara untuk menjadikan tubuh sehat.

Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber : manfaat.co.id

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.