5 Manfaat Konsumsi Makanan Pahit Bagi Kesehatan

5 Manfaat sehat buah pare bagi kesehatan dan kebugaran tubuh
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Jika ditanya rasa, tak sedikit yang bakal menolak makanan pahit. Bagaimana tidak, rasanya yang terkesan menusuk lidah, dianggap tak ramah sehingga kudapan-kudapan asin gurih, manis dan sejenisnya lebih dipilih. Ya, kan? Rasa pahit banyak ditemukan pada makanan dan minuman tertentu. Tak sedikit orang yang memberikan bumbu tambahan ke makanan pahit tersebut agar lebih nyaman untuk dikunyah.

Banyak orang yang mungkin tidak menyukai makanan pahit seperti pare atau daun pepaya. Rasa pahit dari pare atau sayuran hijau lainnya membuat nafsu makan berkurang karena sudah membayangkan bagaimana rasa pahitnya di mulut ketika itu dikonsumsi.

Namun, siapa sangka makanan pahit ternyata memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan loh. Berikut 5 manfaat makanan pahit untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Menyeimbangkan selera makan
Mengkonsumsi makanan yang pahit seperti pare atau sayuran hijau lainnya yang memiliki rasa pahit dapat melatih dan menyeimbangkan selera makan kita untuk menyukai makanan yang lebih sehat daripada makanan yang mengandung gula dan biasa kita konsumsi.

Membantu menyerap nutrisi
Nicole Dube mengatakan, bahwa makanan dan herbal pahit membantu merangsang pencernaan dan mendukung pencernaan makanan. Selain itu makanan pahit juga membantu merangsang reseptor rasa di lidah yang kemudian merangsang produksi enzim dan aliran empedu. Semakin baik makanan dicerna, semakin banyak nutrisi yang akan diserap dari makanan Anda, ” jelas Dube.

Mendetoksifikasi hati
Mendetoksifikasi merupakan proses pembuangan racun dalam tubuh. Sayuran pahit seperti pare, daun pepaya, radicchio, dan sayuran hijau lainnya yang memiliki rasa pahit mengandung fitonutrien yang mendukung hati untuk mengelola kolesterol, menyeimbangkan hormon, mendetoksifikasi darah dan memetabolisme lemak.

Mengandung banyak nutrisi
Secara umum, sayuran pahit mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A, C dan K selain itu juga mengandung mineral seperti kalsium, kalium dan magnesium. Sayuran pahit juga tinggi folat dan serat serta rendah lemak dan rendah natrium.

Mengurangi kesukaan pada gula
Kebanyakan orang memang menyukai makanan dengan rasa yang manis dibanding dengan makanan dengan rasa pahit. Namun, mengkonsumsi makanan manis dan mengandung banyak gula dapat membuat seseorang terkena diabetes. Oleh karena itu, dianjurkan juga untuk mengkonsumsi sayuran hijau.(Okezone.Com/Nurul)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.