5 Manfaat Menakjubkan Daun Kelor untuk Kesehatan

Avatar of PortalMadura.com
5 Manfaat Menakjubkan Daun Kelor untuk Kesehatan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Di Indonesia daun kelor seringkali dikaitkan dengan hal mistis, yaitu dipakai untuk mengusir setan. Namun, daun yang kerap dijadikan sayur ini ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Seiring berkembangnya zaman dan ilmu pengetahuan, para peneliti menemukan ternyata di dalam daun-daun kecil kelor terkandung unsur gizi yang sangat luar biasa. Khasiatnya dapat memperkuat tubuh manusia dan mencegah berbagai macam penyakit.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini lima khasiat daun kelor yang wajib Anda ketahui:

Untuk Kesehatan

Mencegah Stres
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam ‘Journal of Pharmacology and Pharmacodynamic‘ menyebutkan, daun kelor adalah salah satu adaptogen alami. Dalam arti lain, tanaman ini mampu melindungi tubuh dari efek toksin yang muncul akibat stres.

Menjaga Kesehatan Mata
Daun kelor juga mengandung vitamin A yang sangat tinggi. Jumlahnya bahkan 4 kali lebih tinggi daripada wortel. Tidak heran jika banyak ahli yang mengklaim bahwa tanaman tersebut dapat membantu manusia menjaga kesehatan mata. Apalagi jika rutin dikonsumsi setiap hari. Efeknya akan jauh lebih besar.

Memperlancar Sistem Pencernaan
Lagi susah Buang Air Besar (BAB)?. Anda tidak perlu repot-repot lagi membeli obat pencahar di apotek. Cukup minum air rebusan daun kelor, maka sistem pencernaan pun akan kembali lancar. Pasalnya, kelor merupakan sumber kalsium dan serat yang berkhasiat menjaga kesehatan sistem pencernaan di dalam tubuh.

Bahkan, kandungan seratnya yang tinggi juga dapat membantu Anda mengontrol berat badan, karena akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Mencegah Diabetes
Menurut University of Wiconsin LaCrosse, disebutkan bahwa kelor memiliki sifat anti diabetes karena memiliki kandungan seng yang sangat tinggi. Kandungan mineral inilah yang diperlukan tubuh untuk memproduksi insulin. Hal tersebut juga sempat dibuktikan dalam sebuah uji coba pada hewan laboratorium yang diterbitkan pada ‘Journal of Diabetes‘, edisi Juni 2012.

Menurunkan Kolesterol
Seperti diketahui, jumlah kolesterol yang tinggi dalam darah dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Untuk mengakalinya, seseorang bisa mengonsumsi makanan yang ampuh dalam menurunkan kolesterol di dalam tubuh, mulai dari almond, gandum, serta daun kelor.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.