oleh

5 Manfaat Minyak Argan Bagi Rambut

PortalMadura.Com – Sudahkah Anda tahu apa itu minyak argan?. Atau mungkin Anda pernah menggunakannya sebagai bahan perawatan?. Jika belum, perlu Anda tahu bahwa minyak argan dikenal juga dengan liquid gold (cairan emas), dan dibuat dari biji dari buah yang berasal dari pohon argan di Maroko.

Di dalam argan mengandung asam lemak yang tinggi dan antioksidan kuat, seperti vitamin E. Pasalnya, minyak ini telah terbukti bermanfaat pada kulit kepala dan rambut. Lalu, apa saja manfaat argan oil untuk rambut?.

Manfaat Minyak Argan Bagi Rambut

Untuk mengetahui manfaatnya, mari simak penjelasan berikut ini, seperti dilansir PortalMadura.Com, Rabu (29/1/2020) dari laman Hellosehat.com,

Melembapkan dan Melembutkan Rambut

Manfaat argan oil untuk rambut yang pertama adalah kegunaannya sebagai pelembap pada kulit kepala dan rambut karena kandungannya yang tinggi asam lemak, terutama asam oleat dan asam linoleat.

Tahukah Anda, minyak ini telah terbukti dapat melumasi batang rambut dan membantu rambut mempertahankan kelembapannya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, argan oil juga kaya akan vitamin E yang mampu memberikan lapisan lemak pada rambut dan kulit kepala.

Dengan begitu, Anda dapat mencegah terjadinya rambut kering dan membantu mengurai rambut yang kusut serta membuatnya lebih berkilau. Bukankah itu yang Anda harapkan?. Jadi, tidak ada salahnya mencoba treatment tersebut.

Meningkatkan Kesehatan Kulit Kepala

Selain melembutkan dan melembapkan, minyak argan juga memiliki antiinflamasi dan antioksidan yang baik untuk kulit. Kedua kandungan inilah yang membuat argan oil bermanfaat untuk rambut Anda.

Tidak hanya itu, minyak argan dapat mencegah dan mengatasi kondisi kesehatan pada kulit, termasuk kulit kepala yang mungkin mengakibatkan kerontokan, seperti psoriasis dan dermatitis seboroik.

Penelitian sederhana telah dilakukan untuk menguji sifat antijamur pada minyak argan. Dari penelitian itu diketahui pula bahwa minyak argan bisa juga mengatasi ketombe yang muncul karena jamur pada kulit kepala.

Mencegah Kerusakan Akibat Pewarnaan dan Penataan Rambut

Argan oil juga dapat digunakan untuk memberikan perlindungan pada rambut akibat kerusakan pencucian, pewarnaan, dan penataan rambut. Sebagaimana penelitian menunjukan bahwa minyak lain yang kaya akan asam linoleat, asam oleat, dan asam palmitat dapat menambah lapisan pelindung pada rambut. Dengan begitu, rambut jadi lebih kuat saat disisir.

Rambut juga mendapat perlindungan ekstra saat menata rambut menggunakan alat yang panas. Perawatan menggunakan minyak alami juga terbukti mengurangi rambut bercabang, sehingga dapat menghasilkan tampilan rambut lebih tebal dan sehat.

Baca Juga : 6 Kegunaan Minyak Argan untuk Percantik Diri

Penelitian pada 2013 juga menemukan bahwa minyak argan mengurangi kerusakan yang disebabkan pewarna rambut ketika dipakaikan ke rambut setelah proses pewarnaan rambut.

Melindungi dari Sinar Matahari

Minyak argan sudah digunakan oleh wanita asli Moroko selama berabad-abad untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Sebuah penelitian pada tahun 2013 menemukan bahwa aktivitas antioksidan pada minyak argan melindungi kulit dengan cara melawan radikal bebas yang berasal dari matahari.

Manfaat argan oil yang satu ini tentu juga bermanfaat untuk kulit kepala dan rambut Anda. Menggunakan minyak argan dapat membantu menumbuhkan, mencegah kekeringan, dan kerusakan rambut akibat sinar ulravoilet.

Argan Oil Untuk Rambut Rontok

Sebenarnya, hingga saat ini belum banyak penelitian yang membahas secara khusus mengenai manfaat argan oil untuk mengurangi kerontokan rambut. Meski begitu, manfaatnya pada kulit kepala dan rambut sudah teruji.

Hal itu memungkinkan minyak ini mencegah kerusakan dan rambut rontok. Kandungan yang kaya vitamin E ini telah terbukti dapat meningkatkan pertumbuhan rambut pada sebuah penelitian pada tahun 2010.

Pada hakikatnya, memiliki rambut yang indah berkilau dan terutama sehat tentu menjadi dambaan bagi setiap orang. Itu sebabnya, tidak ada salahnya mencoba argan oil untuk mengupayakan kesehatan rambut Anda.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Hellosehat.com

Komentar