5 Manfaat Vitamin A yang Baik Untuk Kecantikan Kulit

Avatar of PortalMadura.Com
5 Manfaat Vitamin A yang Baik Untuk Kecantikan Kulit
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Berbagai macam vitamin sangat dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya yaitu vitamin A. Selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mata dan sistem imun tubuh, vitamin A juga memiliki banyak manfaat untuk . Untuk mendapatkan vitamin A melalui makanan bisa mengonsumsi wortel, kuning telur dan minyak ikan. Jika untuk perawatan kulit, vitamin A bisa didapat dari produk kecantikan yang mengandung retinoid.

Oleh karena itu, apabila Anda ingin menggunakan produk kecantikan yang bisa memenuhi kebutuhan kulit pilih produk yang mengandung retinoid karena punya banyak manfaat vitamin A yang bisa membuat kulit lebih cantik dan sehat. Selain itu ada beberapa manfaat lain dari vitamin A. Penasaran?.

Berikut ulasannya:

Mengecilkan Pori-pori
Salah satu penyebab dari pori-pori yang nampak lebih besar adalah karena tersumbatnya pori-pori. Hal ini diakibatkan oleh produk skin care, kotoran, dan sel kulit mati yang menumpuk dan kulit yang tidak dibersihkan dengan benar. Vitamin A dalam produk skin care dapat mempercepat proses pembentukkan sel kulit baru. Dengan begitu, risiko tersumbatnya pori-pori oleh sel kulit mati akan berkurang dan tampilan pori-pori yang bersih pun akan terlihat lebih kecil.

Melindungi Kulit dari Inflamasi dan Infeksi
Kulit merupakan salah satu organ terpenting dalam sistem imun tubuh manusia. Bakteri yang dapat menyerang tubuh dan menyebabkan terjadinya infeksi harus menembus kulit terlebih dahulu sebelum menyerang bagian tubuh lainnya. Berkat kemampuannya dalam menstimulasi produksi sel kulit, vitamin A dapat membantu memperkuat lapisan kulit dan melindunginya dari bakteri jahat yang menyerang permukaan kulit. Selain itu, vitamin A kaya akan anti-oksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Anti-oksidan inilah yang juga memiliki peranan penting untuk mencegah reaksi berlebihan dari sistem imun tubuh yang dapat menyebabkan terjadinya inflamasi.

Menyamarkan Kerutan dan Garis Halus
Manfaat Vitamin A sebagai kandungan anti-aging dalam sebuah produk sudah sangat populer belakangan ini. Hal ini disebabkan karena vitamin ini mampu menstimulasi produksi kolagen pada kulit. Kerutan dan garis halus muncul saat kolagen pada kulit rusak akibat paparan sinar UV. Retinoid, salah satu bentuk dari vitamin A, dapat mengaktifkan sel yang bertanggung jawab untuk memproduksi kolagen baru. Dengan bertambahnya kolagen, kulit menjadi lebih kuat dan garis-garis halus akan tersamar karena kembali terisi oleh kolagen.

Melindungi Kulit dari Kerusakan Akibat Sinar UV
Mendapatkan asupan vitamin A dengan cara dikonsumsi dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Makanan dengan vitamin A kaya akan beta-carotene dan provitamin A carotenoids yang merupakan anti-oksidan penting dalam tubuh. Kedua anti-oksidan ini mampu melawan radikal bebas yang menjadi penyebab rusaknya kolagen akibat paparan sinar UV. Tak hanya itu, anti-oksidan tersebut juga dapat mengurangi sensitivitas kulit terhadap sinar matahari dan membentuk perlindungan yang mampu menangkal kemerahan dan pigmentasi.

Meningkatkan Produksi Kolagen
Kolagen merupakan bagian dari struktur kulit yang berfungsi untuk menjaga kekuatan, kepadatan, dan elastisitas kulit. Akibat paparan sinar matahari secara terus menerus dan pertambahan usia, kemampuan sel kulit untuk memproduksi kolagen pun berkurang. Hal ini dapat dicegah dengan penggunaan vitamin A secara topikal. Pengaplikasian vitamin A secara topikal dapat meningkatkan produksi kolagen yang mampu memperbaiki tekstur kulit. Dengan pemakaian teratur, kolagen baru akan terbentuk dan dapat bertahan bertahun-tahun. Meskipun begitu, produksi kolagen hanya akan meningkat saat penggunaan retinoid saja. Ketika penggunaan retinoid dihentikan, regenerasi kolagen pun akan berhenti. (vemale.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.