5 Penyakit yang Bisa Pengaruhi Posisi Tidur, Salah Satunya Flu

5 Penyakit yang Bisa Pengaruhi Posisi Tidur, Salah Satunya Flu
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Tidur sangat mempengaruhi kondisi kesehatan secara langsung. Meskipun sepele, namun hal ini mempunyai dampak yang nyata bagi kesehatan tubuh. Kualitas tidur bukan berarti mengenai berapa lama atau jam brapa harus tidur. Tetapi ada hal lain yang harus diperhatikan yaitu posisi tidur.

Karena ternyata posisi tidur bisa menjadi penentu kondisi tubuh seseorang dan berperan penting dalam proses aliran darah. Jadi, bisa dikatakan semakin baik posisi tidur maka aliran darah semakin lancar. Lain lagi saat Anda sedang tidak enak badan, yang tentunya akan mempengaruhi kualitas tidur Anda.

Nah, ini ada beberapa posisi tidur yang cocok dengan penyakit yang Anda derita. Apa saja?. Berikut penjelasannya:

Asam Lambung
Kondisi ini biasanya menimbulkan rasa seperti terbakar di bagian dada yang mana itu disebabkan oleh asam lambung yang naik ke tenggorokan. Lalu, mengapa masalah ini bisa muncul?. Salah satu penyebabnya adalah makan sebelum tidur.

Untuk mengatasinya, Anda bisa berbaring di sisi kanan dengan lengan di depan Anda. Kemudian, lutut Anda mesti ditekuk dan sedikit ditarik kearah perut.

Dr. John de Caestecker, konsultan gastroenterologist dari University Hospitals Leicester menjelaskan lebih lanjut bahwa kantung tenggorokan bergabung dengan perut di sebelah kiri sehingga dengan berbaring ke arah kanan akan membantu menstabilkan tubuh.

Kemudian, jika memang kondisi yang membuat Anda mesti makan sebelum tidur, yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir risiko asam lambung adalah mengangkat bantal lebih tinggi dari biasanya.

Sakit Punggung
Anda mesti ketahui bahwa posisi tidur yang buruk bisa memperparah masalah punggung. Untuk meminimalisir munculnya masalah ini saat tidur, Anda bisa mencoba meletakkan tangan Anda di depan, lalu berbaring di kedua sisinya.

Tekuk lutut sedikit dan coba pegang pinggul Anda sesuai dengan bagian tubuh Anda yang lain berlawanan dengan bagian lain. Setelah itu, tempatkan bantal di antara kedua lutut sehingga bantalan itu membantu tubuh rileks. Posisi ini mungkin terdengar aneh, tapi Anda harus mengamininya.

Hidung Tersumbat
Kondisi ini biasanya muncul saat Anda flu. Makanya, sangat disarankan bagi Anda yang sedang flu untuk tidak tidur telentang. Sebagai gantinya, Anda harus berbaring miring dengan bantal ekstra untuk mengangkat kepala Anda lebih tinggi. Ini dimaksudkan untuk membantu meminimalisir hidung tersumbat dan membantu pernapasan lebih plong. Jika kondisi sumbatan berpindah-pindah, maka Anda harus sesuaikan itu.

Haid
Saat Anda sedang haid, maka yang mesti diperhatikan adalah posisi tidur. Salah mengambil posisi bakal membuat tubuh Anda semakin tidak nyaman. Yang mesti dilakukan adalah tidur telentang untuk meringankan rasa nyeri.

Setelah itu, Anda bisa juga meletakkan bantal di bawah lutut untuk menahan punggung bagian atas. Tidur menyamping akan memberi tekanan pada payudara dan membuat Rahim sedikit tertekan. Ini malah memperburuk keadaan.

Sakit Leher
Untuk Anda yang mengalami sakit leher, posisi tidur yang disarankan adalah tidur telentang dengan leher lurus setegas mungkin. Pastikan juga bantal yang Anda gunakan tidak terlalu keras atau tinggi atau jika memungkinkan Anda tidur dengan tidak menggunakan bantal. (okezone.com/Desy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.