5 Penyebab Cat Sepeda Motor Cepat Kusam, Apa Saja?

Avatar of PortalMadura.Com
5 Penyebab Cat Sepeda Motor Cepat Kusam, Apa Saja?
Ist.Net

PortalMadura.Com – Motor yang kotor dan kusam biasanya kurang enak dipandang dan bisa jadi mencerminkan karakter si pemiliknya.

Tak heran jika kemudian pemilik berusaha melakukan perawatan kendaraannya, termasuk dalam urusan cat .

Ada beberapa penyebab yang harus Anda ketahui mengapa warna motor menjadi cepat kusam, apa saja? yuk simak ulasannya berikut ini!

Terik Matahari
Penyebab utama paling sering dialami adalah berada terlalu lama di bawah terik matahari. Radiasi sinar ultra violet yang dihasilkan oleh matahari mampu membuat lapisan kulit menjadi pecah-pecah dan kusam.

Biasanya hal ini terjadi pada kendaraan yang sering parkir atau ditempatkan di ruang terbuka tanpa atap. Bayangkan saja jika hal tersebut anda lakukan setiap hari selama berjam-jam, lihat saja hasilnya dalam beberapa pekan ke depan maka warna cat motor anda akan terlihat semakin buruk.

Debu
Debu yang terlalu lama melekat di bodi akan membuat daya kilap plastic semakin berkurang. Jangan anggan sepele, debu yang menebal di bodi motor dapat berakibat bodi motor cepat baret-baret. Partikel halus pengganggu yang hampir selalu hinggap di motor ini juga bisa membuat keindahan warna motor kita terganggu.

Air Hujan
Air hujan juga dapat membuat cat menjadi pudar dan kusam. Terutama di kawasan perkotaan yang memang polusi udara membuat kondisi air hujan menjadi makin asam.

Tak hanya itu, jika terkena hujan dengan intensitas yang relatif tinggi maka akan mempercepat proses korosi pada logam, seperti pada mesin dan sasis.

Penggunaan Zat Kimia
Yang harus diingat adalah Anda harus menjaga agar body motor tidak terlalu sering dipoles dengan zat kimia yang aneh-aneh. Sebab jelas hal tersebut akan memicu perubahan warna car motor menjadi kusam atau pudar dalam jangka waktu yang lama.

Ini bukan berarti Anda tidak boleh memberikan polesan pada motor, namun pastikan terlebih dahulu poles yang Anda gunakan memang teruji dan berkualitas.

Minyak Rem
Anda harus waspada dengan cairan yang satu ini. Minyak rem memiliki sifat yang sanggup merusak cat.

Saat akan mengganti atau menambah minyak rem, usahakan agar tidak tumpah atau menetes ke bodi.

Jarang Dicuci
Ini cukup mutlak, motor yang jarang dicuci akan membuat body motor menjadi kusam. PAsalnya sudah terlalu lama debu, bekas air hujan, bercampur terik matahari, cipratan air-air kotor dan lainnya menempel terlalu lama. Akibatnya saat sudah dicuci warna cat tidak bisa kembali sempurna.

Salah Saat Pengeringan
Ternyata setelah mencuci pun ada cara tersendiri supaya saat melakukan pengeringan tidak berdampak buruk bagi cat motor anda. Biasanya karena kurang teliti setelah mencuci pasti timbul bercak bekas air atau jamur yang pastinya sangat mengganggu keindahan dari bodi kendaraan. (merdeka.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.