5 Penyebab Gusi Berdarah yang Patut Diwaspadai

Avatar of PortalMadura.com
5 Penyebab Gusi Berdarah yang Patut Diwaspadai
ilustrasi

PortalMadura.Com – Selain rasa sakit, salah satu hal menyebalkan yang kerap dialami seseorang ketika menyikat gigi di pagi hari adalah gusi yang berdarah. Pada banyak kasus, gusi berdarah dan bengkak ini merupakan tanda dari terjadinya penyakit gusi yang disebabkan bakteri.

Tidak jarang pula, darah di gusi ini sendiri disebabkan oleh hal lain yang mungkin Anda miliki. Apa saja?

Berikut lima hal yang bisa menyebabkan gusi berdarah:

Kebersihan Mulut yang Buruk
Kebersihan mulut yang buruk menjadi penyebab utama dari gusi bengkak dan berdarah. Menjaga kebersihan mulut tidak hanya dilakukan dengan menyikat gigi saja. Pasalnya, menyikat gigi tidak akan menghapus semua plak, tartar dan kalkulus yang terakumulasi pada gigi Anda.

Radang Gusi
Gingivitis atau radang gusi, adalah salah satu penyebab dari gusi bengkak dan berdarah. Jika tidak ditangani dengan serius, gingivitis bisa menjadi penyakit serius. Masalah ini adalah kondisi kronis yang disebabkan oleh efek jangka panjang dari plak dan karang gigi.

Kehamilan atau Perubahan Hormonal
Gusi Anda menjadi lebih sensitif saat hamil. Hal ini disebut gingivitis kehamilan yang disebabkan oleh fluktuasi kadar hormon yang meningkatkan aliran darah ke gusi dan jaringan lain di tubuh. Hormon-hormon kehamilan juga memengaruhi respons normal tubuh terhadap bakteri sehingga Anda lebih rentan terhadap infeksi periodontal.

Penyakit Periodontal
Penyakit periodontal terjadi ketika gingivitis tidak diobati dengan baik. Sementara gingivitis terbatas hanya pada gusi, penyakit periodontal bisa menyebar ke jaringan dan tulang yang mendukung gigi. Bahkan, Anda juga dapat melihat nanah di antara gigi dan gusi.

Baca Juga: Gusi Anda Bengkak dan Berdarah? Atasi dengan 4 Bahan Alami Ini

Gangguan Pendarahan
Salah satu penjelasan yang paling serius bagi gusi berdarah adalah gangguan pendarahan, seperti idiopatik thrombocytopenic purpura. Gusi berdarah bisa menjadi tanda ketidakmampuan darah untuk membeku, sehingga gusi dan mulut seringkali menjadi tempat pertama di mana gejala itu muncul.

Lima hal tersebut di atas dapat menjadi penyebab Anda mengalami masalah gusi berdarah. Salah satu cara paling penting untuk mencegah terjadinya hal ini adalah dengan membersihkan gigi secara tepat dan menyeluruh.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.