oleh

5 Perawatan Motor yang Bisa Dilakukan Sambil Ngabuburit

PortalMadura.Com – Menunggu waktu berbuka puasa bisa dimanfaatkan untuk melakukan berbagai aktivitas positif. Salah satunya yaitu mengutak atik kendaraan. Kegiatan ini dilakukan untuk menjaga performa kendaraan. Apalagi bagi Anda yang akan melakukan perjalanan mudik menggunakan kendaraan pribadi. Tentu saja hal ini perlu dilakukan.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk melakukan perawatan motor sendiri sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com dikutip dari GM After Sales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), berikut penjelasannya:

Bahan Bakar

Pastikan kondisi bahan bakar melalui indikator speedometer bahan bakar, jika motor jarang digunakan sebaiknya tangki bahan bakar kondisi full tank untuk menghindari terjadi penguapan. Sekalian cek apakah ada kebocoran dari bahan bakar, misalnya dengan bau bahan bakar di sekitar motor.

Oli Mesin

Gunakan stik oli mesin, untuk mengecek apakah level oli mesin masih di dalam batas normal dan cek juga apakah ada kebocoran oli di sekitar motor.

Rem

Lalu cek sistem pengereman dengan menekan tuas rem, apakah berfungsi dengan normal dan pastikan lampu rem belakang menyala.

Perhatikan juga level minyak rem melalui celah intip reservoir atau tempat penampung minyak rem, pastikan berada dalam batas normal.

Throttle (gas)

Pastikan dengan memutar throttle dengan lembut dan tidak ada kesan terhambat atau nyangkut, hal ini bisa membahayakan saat berkendara.

Ban

Pastikan alur masih dalam batas normal dengan melihat tanda keausan dari ban dan juga fisiknya. Ban dengan keausan yang sudah lewat batas akan membahayakan saat berkendara, karena daya traksi ban berkurang.

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber: Liputan6.com

Komentar