5 Strategi Pemasaran untuk Gaet Pelanggan Bisnis, Yuk Intip!

Avatar of PortalMadura.com
5-Strategi-Pemasaran-untuk-Gaet-Pelanggan-Bisnis,-Yuk-Intip
Ilustrasi (pixabay.com)

PortalMadura.Com – Pemasaran memang menjadi salah satu hal penting saat melakukan bisnis. Karena, dengan pemasaran seorang pebisnis bisa mengenalkan produk yang dimiliknya untuk menarik perhatian pelanggan.

Tapi, sejauh ini masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana melakukan pemasaran yang efektif. Oleh karena itu, Anda sebagai pebisnis harus mengetahui agat tetap bisa mempertahankan atau menarik pelanggan.

Apalagi, di masa pandemi Covid-19, pebisnis perlu melakukan adaptasi demi menyesuaikan perubahan perilaku konsumennya.

“Di era digital saat ini, strategi pemasaran dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya memanfaatkan platform digital. Akan tetapi, perlu diingat bahwa beberapa produk dan layanan akan lebih tepat jika dipasarkan dengan secara konvensional dan memanfaatkan aktivitas offline dibandingkan dengan online,” kata Head of Business Field Marketing Sampingan, Maria Britta, seperti dilansir Idntimes.com.

“Untuk itu, kita harus mengetahui target market serta layanan dan produk yang kita tawarkan terlebih dahulu sebelum memasarkannya ke pelanggan,” sambung dia.

Lantas, bagaimana strateginya?. Berikut ulasan lengkapnya:

Strategi Pemasaran Harus Variatif

Menurut Maria, pebisnis harus menyiapkan strategi pemasaran yang bervariatif. Pasalnya, hal itu akan membantu sebuah bisnis untuk menggaet hingga mempertahankan pelanggan.

Pasalnya, menurut Maria strategi pemasaran yang berulang pada akhirnya tidak efektif bagi pelanggan lama, tetapi bisa gencar dilakukan untuk pelanggan baru.

“Pelaku usaha harus jeli memetakan target audiences-nya, misalnya dapat mengirim newsletter dan email marketing bagi pelanggan secara umum, dan email khusus yang dipersonalisasi bagi pelanggan loyal,” ucap Maria.

Gunakan Media Sosial dengan Baik

Di era digital ini, penggunaan media sosial sangatlah penting dalam pemasaran. Tidak hanya untuk mempromosikan produk, tapi media sosial berguna untuk memperluas jaringan bisnis. Selain itu, media sosial juga bisa menghubungkan bisnis dengan para agen dan reseller.

Untuk itu, pebisnis harus selalu mengunggah konten baru ke akun media sosial bisnisnya. Pebisnis juga bisa mempekerjakan admin dan content creator untuk mengelola media sosial.

Penting juga untuk terus mengikuti trending dan berita yang sedang berkembang saat ini. Pebisnis juga harus memastikan bahwa dirinya berada di lingkaran pelanggan dan mitra bisnis. Dengan demikian, pebisnis bisa menjaring komunitas yang sesuai dengan produk yang dipromosikan.

Tetap Gencarkan Pemasaran di Lapangan

Meskipun sudah memasarkan produk dan layanan di media sosial, jangan lupa untuk tetap melakukan pemasaran di lapangan atau secara offline. Caranya dengan memanfaatkan sales kanvas, di mana mereka dapat memberikan visualisasi produk/layanan kepada pelanggan, selain itu interaksi terhadap calon pelanggan juga dapat lebih personal dengan menyesuaikan intonasi dan bahasa tubuh.

“Kami di Sampingan pun hadir menyediakan layanan pemasaran lapangan yang dapat dimanfaatkan pelaku usaha untuk menarik perhatian calon pelanggannya secara langsung dengan pendekatan yang lebih personal,” tutur Maria.

Manfaatkan Event Marketing

Event marketing merupakan salah satu sarana untuk memperkenalkan produk dan layanan lebih luas. Pebisnis bisa mengikuti event yang digelar offline maupun online.

Dengan mengikuti event marketing, maka bisa menciptakan kedekatan emosional dan juga rasional antara pelanggan dengan produk/layanan yang ada. Sehingga, peluang mereka untuk melakukan pembelian ataupun mengonsumsi produk akan sangat besar.

Membuat Giveaway

Saat ini, sudah banyak brand atau sebuah perusahaan mengadakan giveaway untuk mempromosikan produknya. Nah, Anda juga bisa mengikuti cara tersebut.

Giveaway itu sendiri tidak hanya bisa dilakukan melalui media sosial, tapi juga dapat dilakukan secara langsung lewat event tertentu yang berkaitan dengan produk serta layanan. Manfaatkan acara-acara yang menarik dan cocok dengan produk dan layanan seperti seminar, diskusi publik, pameran maupun pertunjukkan musik.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.