oleh

Contoh Strategi Pemasaran Digital

PortalMadura.com-Perkembangan teknologi digital semakin mempermudah berbagai aktivitas manusia, tidak terkecuali para pelaku bisnis. Pemilik usaha dapat dengan mudah mempromosikan barang atau jasa secara digital melalui strategi pemasaran digital.

Pada artikel ini kami akan membahas pengertian, contoh, dan manfaat digital marketing untuk bisnis Anda.

Apa Itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah proses mempromosikan produk atau jasa melalui media digital dengan tujuan menjangkau pasar yang lebih luas.

Digital marketing atau lebih dikenal sebagai strategi pemasaran digital merupakan istilah yang umum untuk semua taktik dan strategi dalam upaya menarik pelanggan untuk membeli barang atau jasa yang Anda jual.

Manfaat Digital Marketing

Pemasaran secara digital mengarah pada sebuah proses perpaduan antara teknologi dan pengetahuan pasar. Sehingga menghasilkan teknik dan strategi yang baik dalam mempromosikan produk atau jasa.

Lantas apa saja manfaat digital marketing dalam bisnis? Berikut ini beberapa manfaat yang perlu diketahui:

1. Membangun branding pada produk maupun personal

Personal branding maupun product branding perlu dibangun untuk mendapatkan kepercayaan customer. Sebab masyarakat maupun customer akan lebih mengenal produk atau jasa yang Anda tawarkan ketika Anda memiliki personal branding atau product branding yang baik.

Strategi pemasaran digital dapat membantu Anda untuk meningkatkan personal branding dan memiliki kredibilitas yang baik, serta pengakuan dari customer dan masyarakat.

2. Menjangkau target pasar dalam jangkauan yang lebih luas

Manfaat strategi pemasaran digital juga dapat digunakan untuk mendapatkan pasar dalam jangkauan yang lebih luas. Bisnis yang telah terkoneksi ke jaringan internet akan terhubung ke seluruh pengguna internet secara otomatis.

Sehingga dapat membantu para pelaku usaha dalam mempromosikan produk atau jasa secara efisien dan efektif. Pengguna internet akan lebih mudah menemukan bisnis Anda ketika mencari barang atau jasa yang ia butuhkan.

3. Suatu bentuk pemasaran yang lebih murah dan efektif

Manfaat yang terakhir dari digital marketing yaitu tidak membutuhkan modal yang besar sehingga lebih murah dan efektif bagi pelaku bisnis.

Namun Anda perlu menerapkan strategi pemasaran digital yang khusus agar dapat bersaing dengan para kompetitor di dunia bisnis.

Jenis-Jenis Digital Marketing

Berdasarkan metode dan platform yang digunakan, strategi pemasaran digital terbagi menjadi 6 jenis. Anda perlu mengetahui beberapa jenis strategi pemasaran digital berikut ini:

  1. Website
  2. Email marketing
  3. Search engine marketing (SEO dan SEM)
  4. Online advertising
  5. Video marketing
  6. Social media marketing

Contoh-Contoh Strategi Pemasaran Digital

Selanjutnya kita akan membahas mengenai contoh-contoh strategi pemasaran digital yang telah banyak digunakan oleh para pelaku bisnis. Anda dapat memperhatikan contoh digital marketing berikut untuk menciptakan strategi pemasaran digital yang sukses.

1. Search Engine Optimization (SEO) 

Ketika Anda mencari kata kunci pada mesin pencarian seperti Google, lalu Google menampilkan beberapa pilihan website, Anda dapat melihat beberapa situs yang masuk dalam daftar peringkat pertama di halaman pencarian. Peringkat tersebut diatur oleh rank website dengan dengan optimasi SEO.

SEO adalah bentuk dari apresiasi kepada website yang masuk dalam peringkat teratas pada mesin pencarian. Salah satu strategi pemasaran digital yang paling efektif adalah mengoptimalkan SEO, sehingga website bisnis Anda menjadi website yang muncul sebagai peringkat teratas pada mesin pencarian.

2. Pay Per Click (PPC)

PPC merupakan cara untuk mengarahkan traffic para pengunjung agar masuk ke website Anda dengan sistem pembayaran setiap kliknya. Contoh PPC yang paling sering digunakan yaitu Facebook Ads, Google Adwords, Twitter Ads, dan lain sebagainya.

Jika Anda ingin menggunakan strategi pemasaran digital dengan PPC, sebaiknya Anda menyiapkan modal yang cukup sehingga dapat menjaring lebih banyak customer.

Sebab Anda perlu membayar untuk mendapatkan posisi atau slot teratas pada mesin pencarian dengan biaya per klik.

Tidak mudah dalam melakukan pemasaran dengan menggunakan metode PPC, oleh karena itu, Anda membutuhkan jasa online marketing yang handal agar budget promosi Anda dapat digunakan secara maksimal untuk menarik para pelanggan yang baru.

3. Influencer

Contoh strategi pemasaran digital selanjutnya adalah influencer atau seseorang dengan pengaruh yang besar terhadap komunitas maupun pengikutnya.

Mempromosikan produk atau jasa akan lebih mudah dilakukan dengan bantuan influencer. 

4. Content marketing

Content marketing yaitu mempromosikan produk atau jasa melalui sebuah tulisan atau artikel. Anda dapat membuat tulisan yang dapat mempengaruhi pembaca untuk membeli atau mencoba produk yang Anda jual.

Jika Anda ingin membuat strategi pemasaran melalui tulisan sebaiknya terapkan SEO friendly.

Seorang penulis konten biasanya disebut sebagai content writer yang membuat berbagai tulisan untuk dimuat pada blog, artikel, e-book, atau brosur online.

5. Affiliate program

Program afiliasi juga termasuk dalam salah satu contoh strategi pemasaran digital. Program afiliasi adalah bentuk promosi yang apabila produk atau jasa terjual maka seseorang yang mempromosikan akan mendapatkan komisi sesuai kesepakatan atau ketentuan dari perusahaan pemilik barang atau jasa.

6. Otomatisasi pemasaran

Belajar mempromosikan produk atau jasa dapat dilakukan dengan menyusun alur yang harus dilakukan seperti menyiapkan konten, menjadwal unggahan konten, manajemen konten, dan lain-lain.

Otomatisasi bisa Anda lakukan melalui berbagai platform media sosial dan email. Teknik ini adalah strategi pemasaran yang harus dilakukan secara berulang.

7. Google bisnisku

Fungsi dari Google Bisnisku adalah memberikan informasi mengenai perusahaan secara lengkap sehingga para pembeli dapat lebih mudah mengetahui lokasi bisnis Anda.

Strategi pemasaran digital ini dapat diterapkan jika Anda memiliki toko offline yang dapat dikunjungi oleh pembeli.

Demikianlah beberapa contoh strategi pemasaran digital yang dapat Anda coba ke dalam bisnis Anda. Informasi menarik lainnya dapat Anda temukan melalui website kami.

-
-

Komentar