5 Tanda Busi Mobil Kesayangan Anda Harus Diganti

Avatar of PortalMadura.com
5 Tanda Busi Mobil Kesayangan Anda Harus Diganti
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu komponen penting pada kendaraan yang memiliki peran vital, yaitu busi. Komponen yang satu ini berfungsi untuk memicu terjadinya proses pembakaran di ruang mesin, sehingga piston bisa bekerja.

Seperti suku cadang lainnya, busi memiliki usia masa pakai. Biasanya, mulai diganti ketika sudah mencapai antara 60 sampai 80 ribu kilometer. Namun selain merujuk pada jarak, pergantian busi juga bisa dideteksi dengan kondisi kendaraan.

Selain itu, ada beberapa hal yang tidak lazim dirasakan bisa menjadi patokan pemilik mobil untuk melakukan pergantian busi.

Penasaran apa saja?. Berikut ini lima tanda busi mobil Anda harus diganti:

Mengalami Kesulitan Starter saat Menghidupkan Mobil
Busi memiliki salah satu pekerjaan paling penting di kendaraan, yaitu memberikan percikan bunga api untuk memicu pembakaran pada ruang mesin.

Busi yang usang memiliki waktu yang lebih sulit untuk menciptakan percikan yang sebenarnya memberi tenaga pada mesin Anda. Jika mobil macet saat mencoba menyalakannya, mungkin ada masalah dengan busi atau kabel busi yang rusak. Tentu hal ini dilakukan setelah memeriksa kondisi accu mobil.

Kondisi tidak Wajar saat Mesin Idle
Mesin tidak halus ketika sedang diam (stationer atau idle). Ketika pemilik mobil berada di dalam kabin, putaran mesin yang bergetar muncul meski mobil saat di posisi diam. Saat tuas gas diinjak pun akan terasa berat. Hal tersebut juga bisa menjadi pertanda awal jika busi perlu diganti.

Kurang Responsif
Tanda-tanda selanjutnya yang bisa dirasakan adalah tarikan mobil yang kurang responsif. Busi yang bermasalah akan menyebabkan akselerasi pada mobil menjadi tidak maksimal. Busi yang bermasalah akan menyebabkan akselerasi pada mobil Anda menjadi tidak maksimal.

Warna Busi Mulai Gelap
Pembakaran yang kurang sempurna biasanya menyisakan jelaga (hitam pekat) pada elektroda dan ujung insulator busi. Hal ini juga mengakibatkan asap mobil berwarna hitam, dan terkadang susah ketika menyalakan mesin dalam keadaan dingin.

Bahkan sebuah laporan dari National Institute for Automotive Service Excellence mengatakan, busi yang tidak lagi dalam kondisi baik dapat mengurangi efisiensi bahan bakar sebanyak 30 persen. Itu artinya konsumsi BBM akan terasa boros.

Baca Juga: Hujan, Dua Ruang Inap Puskesmas Pasean Pamekasan Ambruk

Tanda Busi Mengalami Kerusakan bisa Dideteksi Melalui Warna
Apabila busi berwarna kecokelatan, ini menandakan masa penggunaan busi hampir habis dan harus segera diganti. Jika warna busi kemerahan atau kuning, ini menandakan mesin mobil Anda melakukan pemanasan berlebihan, dan bagian yang harus dicek adalah bagian pendingin.

Rewriter : Salimah
Sumber : detik.com

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.