5 Cara Menghadapi Pasangan yang Cemburuan

Avatar of PortalMadura.com
5 Tips Menghadapi Pasangan yang Cemburuan
Ilustrasi (guakepo.com)

PortalMadura.Com – Sering cemburu dalam hubungan dapat membunuh rasa cinta yang Anda rasakan bersama pasangan. Cemburu itu sangat wajar. Namun, cemburu yang berlebihan juga tidak baik karena rentan memicu konflik.

Anda juga pasti risi dan lelah saat menghadapi pacar yang . Apalagi jika hal yang dicemburui tidak beralasan.

Dilansir dari laman HelloSehat.Com, Sabtu (4/7/2020), berikut lima cara untuk menghadapi :

Tanyakan Alasan Cemburunya

Hal pertama yang perlu dilakukan saat pasangan Anda merasa cemburu usahakan tetap tenang, tanyakan apa alasannya dengan intonasi yang lembut.

Kemudian, dengarkan baik-baik apa yang dikatakan pasangan tanpa membantahnya. Intinya Anda perlu tahu apa alasan utama pasangan cemburu pada Anda. Setelah itu, cari solusi yang paling baik untuk menyelesaikan masalah.

Jangan Menyangkal

Banyak orang beranggapan bahwa kecemburuan pasangannya bukan salahnya. Meskipun memang bukan salah Anda, tapi jangan meremehkan atau justru menyangkalnya dengan cara yang kasar.

Ketika perasaan cemburu dan ketakutannya ditenangkan, rasa cemburunya akan mereda. Sebaliknya, jika Anda hanya menyangkal tanpa memberikan kalimat yang menenangkan, rasa insecure pasangan akan terus berlanjut. Ingat, menyangkal dan menghindari percakapan ini justru akan membuat masalah menjadi lebih besar dan panjang.

Intropeksi Diri

Sebelum menyalahkan pasangan atas rasa cemburunya yang berlebihan, coba introspeksi diri sendiri. Bisa jadi sikap Anda selama inilah yang membuat pasangan terus cemburuan.

Jika bingung, Anda juga bisa menanyakan langsung pada pasangan kira-kira sikap mana yang menjadi pemicu. Dengan begitu, Anda tahu batasan dan sikap apa yang perlu diubah agar pacar tak lagi cemburuan.

Menetapkan Batasan

Jika pasangan Anda cemburu terus menerus coba tanyakan apa yang diinginkannya. Setelah Anda tahu apa yang membuat pasangan cemburu, buatlah aturan dan batas dengan pasangan. Misalnya, tidak boleh berbohong ingin pergi kemana, harus selalu jujur dengan siapa kamu dan pasangan pergi keluar, atau jangan cemburu saat kamu atau pasangan berbicara dengan teman atau rekan kerja.

Beri Perhatian Lebih

Untuk meredakan rasa cemburunya, Anda wajib memberikan pasangan perhatian lebih. Yakinkan pasangan bahwa Anda memang peduli padanya. Buat pasangan merasa aman meski Anda berada jauh darinya.

Tunjukkan pada pasangan bahwa Anda berniat untuk memperbaiki kondisi ini. Ketika pasangan merasa aman, secara perlahan kecemburuannya akan mereda.

Tips ini memang tidak mudah, tapi berbagai cara ini bisa membantu menjaga hubungan tetap langgeng dan awet. Cara-cara ini juga bisa Anda praktikkan tak hanya pada pacar, tetapi juga suami atau istri yang cemburuan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.