5 Tips Mudah Membersihkan Roller Blind agar Awet dan Selalu Bersih

Avatar of PortalMadura.com
Penulis: HartonoEditor: Hartono
5 Tips Mudah Membersihkan Roller Blind agar Awet dan Selalu Bersih
iStockPhoto

PortalMadura.ComRoller blind merupakan salah satu jenis tirai yang saat ini cukup banyak digunakan. Jenis tirai ini tidak hanya banyak dijumpai di rumah-rumah pribadi namun juga di area perkantoran. Tirai ini punya banyak keunggulan, di antaranya harga relatif murah, mudah dipasang, dan tentu saja memiliki fungsi yang optimal untuk menutup area dalam ruangan.

Pembersihan

Setelah selesai dipasang, tirai ini harus dirawat dengan cara yang tepat. Salah satu langkah perawatan yang dibutuhkan adalah pembersihan secara rutin. Berikut adalah 5 tips mudah yang bisa diterapkan untuk membersihkan roller blind di rumah Anda:

1. Singkirkan Perabotan di Sekitar Tirai

Langkah pertama, singkirkan dulu berbagai jenis perabot yang ada di sekitar tirai. Tujuannya adalah memperluas area gerak Anda saat membersihkan tirai roller ini. Apalagi jika posisi tirai ini ada di ruangan yang perabotannya cukup banyak. Sulit jika harus bergerak di area yang sempit dan biasanya proses pembersihan tirai jadi tidak optimal.

Lebih baik singkirkan dulu semua jenis perabotan yang ada di sana. Selain mempermudah gerak saat proses pembersihan, hal ini juga perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan perabot lainnya. Jika tidak disingkirkan terlebih dahulu maka bisa jadi -debu dari tirai malah jatuh ke perabot tersebut.

2. Bentangkan ke Bawah

Jika sudah siap maka bentangkan tirai roller ini ke bawah. Langkah ini dibutuhkan agar Anda mendapatkan area pembersihan yang jauh lebih leluasa. Jika tidak dibentangkan maka akan sulit untuk membersihkan area tirai sampai ke titik-titik yang tersembunyi. Padahal sebagian besar debu pasti mengumpul di titik-titik tersebut.

Mudah saja untuk membentangkan tirai ini, Anda cukup menarik tirai ke bawah. Begitu ditarik biasanya sudah langsung terlihat titik-titik debu dan kotoran yang ada di sana. Jadi Anda bisa lebih mudah membersihkan debu-debu tersebut agar tirai terlihat lebih bersih seperti baru.

3. Bersihkan Debu

Lanjut bersihkan debu yang menempel di roller blind. Ada berbagai macam cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan debu-debu tersebut. Cara paling mudah adalah dengan menggunakan vacuum cleaner. Hanya saja cara ini biasanya masih menyisakan serpihan debu yang menempel di sela-sela tirai.

Solusi terbaik untuk membersihkan sisa debu yang masih menempel adalah dengan menyikatnya. Gunakan sikat pembersih yang ukurannya kecil dan bisa menjangkau area tersebut. Jangan lupa gunakan masker selama proses pembersihan debu ini agar lebih nyaman dan tidak membahayakan saluran pernapasan.

4. Usap dengan

Jika semua debu sudah dibersihkan, langsung saja siapkan air sabun. Anda bisa menggunakan sabun apapun namun pastikan sabun tersebut bisa membantu membersihkan noda. Selanjutnya gunakan kain lap atau spons dan celupkan ke dalam air sabun tadi. Gunakan spon atau lap tersebut untuk membersihkan tirai.

Lakukan perlahan-lahan saja terutama di bagian tirai yang masih ada sisa kotoran atau debunya. Biasanya di bagian sudut-sudut tirai ada banyak kotoran yang mengumpul dan sulit untuk dibersihkan. Anda bisa menggunakan bantuan sikat atau mungkin cotton bud untuk menjangkau area tersembunyi tersebut. Lakukan pembersihan berulang untuk memastikan noda benar-benar hilang dari permukaan tirai.

5. Tunggu Sampai Mengering

Selanjutnya tunggulah sampai tirai kering setelah proses pembersihan selesai. Sebaiknya Anda biarkan saja tirai tetap terbentang ke bawah sehingga lebih mudah kering. Semakin lebar permukaan yang terpapar udara maka akan semakin cepat juga proses pengeringan tirai. Anda juga bisa menyalakan kipas angin atau AC di dalam ruangan untuk membuat tirai lebih cepat kering.

Penggantian Roller Blind

Bagaimana jika tirai roller di rumah Anda sudah sulit dibersihkan dan ternyata kualitasnya juga sudah menurun? Tidak perlu sedih atau bingung, lebih baik segera rencanakan penggantian tirai yang baru. Ini adalah solusi termudah untuk mendapatkan tirai yang bersih dan estetik di rumah Anda.

Pemasangan tirai jenis ini relatif mudah dan biayanya juga terbilang ringan. Pilihan desainnya juga beragam sehingga bisa disesuaikan dengan konsep ruangan di rumah Anda. Jangan lupa, pemasangan tirai ini sebaiknya dilakukan oleh orang yang berpengalaman. Apalagi harus diukur terlebih dahulu supaya pas dipasang dan memberi kesan estetik.

Anda bisa mendapatkan roller blind murah dan berkualitas dari windowblind.co.id. Pemasangan tirai jadi jauh lebih cepat dan praktis. Kualitas tirainya juga bagus dan bisa bertahan awet untuk jangka waktu yang lama. Lebih dari itu desainnya juga menarik dan bisa disesuaikan konsep ruangan di rumah Anda.

Setelah pemasangan roller blind baru, pastikan Anda merawatnya dengan baik. Tutup dan buka tirai ini dengan cara yang tepat agar bisa awet digunakan. Selain itu bersihkan tirai secara teratur dan jangan menunggu tirai berubah warna karena tertutup oleh debu. Pastikan untuk memilih jenis tirai yang berkualitas agar tidak perlu sering menggantinya.(*)

Dapatkan Barang Elektronik Dengn Harga Termurah Cek >> Rekomendasi Elektronik.
Jangan Lupa Ikuti kami di Google Berita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.