5 Tips Rawat Aki Mobil Agar Tak Mudah Soak

Avatar of PortalMadura.Com
5 Tips Rawat Aki Mobil Agar Tak Mudah Soak
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu komponen penting dalam mobil yaitu aki. Karena untuk menyuplai tenaga listrik bagi komponen lainnya. Cek rutin menjadi keharusan untuk kondisi agar fungsi mobil tetap prima.

Untuk itu, jangan sampai mobil tiba-tiba mati di tengah jalan karena kelalaian sendiri dalam hal mengecek kondisi aki mobil. Nah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat merawat aki agar tidak cepat rusak dan soak. Seperti apa?.

Berikut penjelasannya:

Perhatikan Beban Penggunaan Aki Mobil
Pengecekan beban penggunaan aki mobil ini bisa dilakukan secara berkala. Tujuannya jika ada sesuatu yang salah pada aki mobil bisa ditangani dengan cepat. Pengecekan aki ini bisa dilakukan di bengkel-bengkel terdekat.

Membersihkan Aki Mobil Secara Berkala
Bukan cuma bagian luar mobil yang perlu dibersihkan, aki mobil juga, khususnya di bagian terminal. Terminal aki mobil biasanya tertutup oleh debu dan kotoran.

Hal ini menyebabkan hantaran listrik dari aki ke komponen mobil menjadi terhambat. Cara termudah untuk membersihkan terminal aki mobil yaitu dengan membersihkannya dengan sikat kawat atau sikat plastik.

Sering Memanaskan Mobil
Rajin memanaskan mobil disebut sebagai cara terbaik merawat kesehatan aki mobil. Sekalipun tidak dipakai, mobil harus rajin dipanaskan.

Mobil yang tidak pernah dipanasi akan memberi dampak pada kondisi aki. Aki mobil akan menjadi cepat tekor dan soak. Oleh karena itu, biasakan untuk memanaskan mesin mobil setiap hari setidaknya selama 5 hingga 10 menit.

Memastikan Ketersediaan Listrik di Dalam Aki Mobil
Ketersediaan listrik dalam aki mobil bisa dikenali dengan mobil yang mulai sulit distarter. Jika gejala itu dialami, sebaiknya bawa mobil ke bengkel untuk dicek dan bisa diisi ulang.

Lepas Kabel Aki Saat Mobil Tidak Digunakan dalam Jangka Waktu Lama
Saat mobil akan tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup panjang maka ada baiknya untuk melepaskan kabel aki mobil dari terminal penghubungnya.

Hal ini bertujuan untuk menghindari aliran listrik yang terus menerus. Jika dibiarkan terus menerus maka akan berakibat pada aki mobil yang menjadi tekor atau soak. (detik.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.