5 Trik Bikin Kulit Tak Kering Saat Puasa, Nomor 1 Paling Penting

Avatar of PortalMadura.com
5 Trik Bikin Kulit Tak Kering Saat Puasa, Nomor 1 Paling Penting
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu hal yang sering menjadi tantangan dalam berpuasa, yaitu adanya perubahan di tubuh, seperti kondisi . Hal ini memang wajar terjadi, karena mereka kehilangan cairan tubuh.

Apalagi, Ramadan di tahun 2018 cukup menantang sebab para muslimah harus berpuasa saat cuaca cukup terik. Bahkan, asupan makanan dan minuman tidak seperti bulan biasanya. Tidak jarang, kulit menjadi lebih kering. Kulit biasanya jadi lebih mudah kusam, sebum bertambah tapi hidrasi berkurang.

Untuk itu, seorang dokter pemerhati kesehatan kulit biomedik kekhususan anti-aging, dr. Ariana Suryadewi, berbagi tips menjaga kulit agar tetap lembap saat berpuasa di musim panas. Berikut ini ulasannya:

Minum Air Putih
Saat sahur dan berbuka, adalah kesempatan Anda untuk meminum air putih sebanyak-banyaknya. Sumber kelembapan kulit tetap berasal dari air putih, jadi maksimalkan minum air putih saat sahur dan berbuka.

“Banyak minum air putih saat sahur bikin lebih cepat haus?. Itu mitos,” ungkap dr. Ariana Suryadewi.

Makan Buah dan Sayur
Nutrisi dari dalam tidak kalah pentingnya dari nutrisi dari luar. Perbanyak makan buah dan sayur saat sahur dan berbuka. Dokter Ariana menyarankan para wanita untuk mengonsumsi buah setelah terawih. Selain menutrisi kulit, badan juga akan terasa lebih segar.

Perhatikan Pencuci Wajah
Banyak yang berpikir mencuci wajah dengan sering akan membersihkan kulit dengan baik. Padahal, pembersihan wajah yang berlebihan akan mengurangi kelembapan kulit. Terutama pembersih wajah yang memiliki kandungan cukup keras.

Perhatikan PH yang terkadung pada facial wash yang Anda pakai. PH normal kulit wajah berkisar antara 5-6. Jadi, facial wash yang dipilih juga sebaiknya berada pada kisaran PH tersebut. Jika PH-nya tinggi bisa lebih mudah membuat kulit jadi sensitif, jerawat, bahkan kering.

Memakai Pelembab
Menutrisi kulit dari luar juga jangan sampai terlewatkan. Gunakan pelembab yang cocok untuk kulit wajah Anda. Baik kulit kering maupun berminyak sama-sama membutuhkan pelembab. Banyak orang yang berpikir kulit berminyak tidak membutuhkan pelembab, padahal itu salah besar.

Memakai Sunscreen
Proteksi kulit wajah seoptimal mungkin. Sinar UVA dan UVB dari sinar matahari tidak hanya bisa membuat kulit kusam tapi juga bisa mempercepat gejala penuaan. Gunakan sunscreen dengan jumlah SPF sesuai dengan aktivitas Anda. (detik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.