5 Trik Jitu Motivasi Diri Agar Semangat Olahraga Pagi

Olahraga
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Bagi Anda yang susah bagun pagi tentu melakukan olahraga pagi pasti sulit. Padahal bila sudah terbiasa berolahraga, maka tubuh akan lebih mudah diajak bergerak.

Menurut beberapa riset, olahraga memang bisa dilakukan kapan saja, namun pagi hari merupakan pilihan waktu yang memberi lebih banyak keuntungan.

Jordan Metzl, M.D., seorang ahli kesehatan olahraga di New York City Hospital, mengungkapkan bahwa olahraga di pagi hari sangat bermanfaat, seperti mendukung kebugaran dan metabolisme tubuh.

Nah, bagi Anda yang terbiasa bangun siang, Anda bisa lakukan cara ini untuk memotivasi diri agar bisa olahraga pagi. Penasaran ? Simak tipsnya berikut ini.

Perhatikan Makan Malam
Cerdas memilih menu makan malam akan membantu kita tidur lebih nyenyak dan bangun lebih awal. Makanan berat memerlukan waktu sekitar enam hingga delapan jam untuk benar-benar dicerna.

Hal ini menyebabkan kita bangun dengan perut terasa penuh, tubuh terasa lesu, dan akhirnya malas olahraga. Makan makanan pedas juga bisa membuat sakit perut ketika bangun dan melewatkan olahraga pagi karena kelamaan di toilet.

Untuk mencegah hal tersebut, coba untuk makan malam lebih awal dan pilih makanan yang lebih ringan, seperti nasi merah, brokoli kukus, atau makanan yang mengandung protein rendah lemak.

Dengan demikian, kita akan merasa lebih segar dan siap untuk memulai berbagai aktivitas fisik di pagi hari berikutnya.

Siapkan Alarm
Bila Anda termasuk orang yang sulit bangun pagi, menyetel alarm sebelum tidur bisa membantu untuk bangun. Jadi, sebelum tidur pastikan jam weker atau alarm pada ponsel aktif sesuai waktu yang Anda inginkan.

Bila perlu buat catatan pada alarm di ponsel dengan kata-kata penyemangat agar termotivasi untuk bangun pagi.

Ajak Teman
Bila bunyi alarm tidak cukup ampuh untuk membangunkan Anda, ajak teman untuk olahraga bersama. Minta bantuan pada teman untuk bangunkan Anda, lewat pesan singkat atau chatting, telepon, bahkan datang ke rumah.

Gangguan-gangguan tersebut pasti ampuh untuk membuat Anda benar-benar bangun pagi dan siap untuk olahraga.

Miliki Waktu Tidur yang Cukup
Banyak orang yang berpikir bahwa pagi hingga sore adalah waktu kerja sementara malam hari adalah waktu melepaskan diri dari pekerjaan. Ya, itu bisa dibilang benar bila kita menggunakan malam hari untuk mengistirahatkan tubuh bukan menonton TV, main game, atau chatting hingga larut malam.

Jadi, coba atur kembali waktu tidur. Mulailah tidur lebih awal supaya punya waktu cukup untuk beristirahat. Ganti kebiasaan main ponsel sebelum tidur dengan berendam sebentar dengan air hangat untuk membantu tidur lebih cepat.

Ayo Bangun dan Olahraga
Ketika alarm berbunyi, jangan justru mematikan atau menunda alarm tersebut. Tujuan menunda beberapa menit untuk tidur lagi justru membuat kita lebih malas bangun. Alhasil, kita akan gagal lagi bangun pagi untuk olahraga.

Untuk itu, bila mendengar alarm berbunyi, cobalah mengambil posisi duduk, kemudian berilah motivasi dalam hati Anda, “Ayo bangun, olahraga, dan hidup sehat!”, misalnya.

Agar tubuh lebih bersemangat untuk memulai olahraga lakukan beberapa gerakan peregangan sederhana. Bila Anda berencana untuk olahraga di luar rumah, jangan lupa membawa handuk kecil dan air minum supaya tubuh tetap terhidrasi.

Itulah trik yang bisa Anda terapkan bagi Anda yang susah olahraga agar lebih giat dan termotivasi untuk olahraga. Semoga Bermanfaat (kompas.com/Nanik)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.