5 Trik Mudah Cegah Bibir Kering dan Pecah-pecah Saat Puasa

Avatar of PortalMadura.com
5 Trik Mudah Cegah Bibir Kering dan Pecah-pecah Saat Puasa
ilustrasi

PortalMadura.Com – Ketika , kekeringan pada kulit kerap terjadi. Salah satu bagian kulit yang paling mudah mengalami kekeringan adalah bibir. Sebab, di area ini tidak ada kelenjar minyak.

Biasanya, dan pecah-pecah menjadi masalah kulit paling banyak dialami ketika berpuasa. Namun Anda jangan khawatir, Anda bisa terhindar dari bibir kering dan pecah-pecah dengan beberapa cara mudah. Apa saja?.

Berikut lima cara mudah mencegah bibir kering dan pecah-pecah saat puasa Ramadan:

Kurangi Makanan atau Minuman Asam
Selain tidak baik bagi lambung, makanan atau minuman dengan rasa asam yang dikonsumsi saat berbuka atau sahur akan berpengaruh pada kekeringan di bibir karena asam sifatnya menyerap air. Untuk itu, hindari makan atau minum buah yang asam seperti lemon atau jeruk.

Pakai Pelembap Bibir
Sinar matahari memperparah kekeringan kulit. Ditambah lagi dengan kurangnya asupan cairan saat berpuasa, bibir pun jadi lebih kering bahkan bisa sampai terkelupas. Untuk itu, sebaiknya gunakan lip balm atau lip moisturizer yang mengandung minimal SPF 15 untuk melindungi bibir dari paparan sinar matahari.

“Gunakan Vaseline (petroleum jelly) atau pakai lip balm yang mengandung SPF. Dengan lip balm yang tepat maka kulit bibir bisa kembali normal,” saran dermatologist, Clay J. Cockerell, MD.

Oleskan Madu
Madu merupakan cara alami untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Anda dapat mengoleskannya pada bibir. Oleskan madu di bibir menjelang tidur, dan bilas dengan air ketika bangun sahur. Madu kaya akan nutrisi yang dapat melembapkan.

Hindari Terlalu Sering Menjilat Bibir
Bibir yang kering membuat Anda tidak nyaman dan terus ingin menjilatnya. Tapi Anda harus mengubah kebiasaan ini. Menjilat bibir akan merusak pelindung pada bibir karena mengandung enzim yang semakin membuat bibir jadi kering.

Cukup Minum Air
Meskipun puasa, pastikan asupan air putih Anda tercukupi. Minum masing-masing dua gelas saat buka puasa, sahur, dan di malam hari sebelum tidur agar tubuh tetap terhidrasi. Dengan begitu, kulit terutama kulit bibir juga terhindar dari kekeringan. (detik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.