Wisata  

5 Wisata Alam Terbaik di Kalimantan Indah dan Menawan

Avatar of PortalMadura.com
5-Wisata-Alam-Terbaik-di-Kalimantan-Indah-dan-Menawan
Ilustrasi (celebes.co)

PortalMadura.com – Kalimantan adalah pulau yang penuh dengan kekayaan, tetapi masih belum banyak yang tahu mengenai potensinya. Salah satu contohnya dari segi pariwisata, sehingga belum terlalu banyak dikunjungi oleh turis baik domestik maupun mancanegara.

Sebagai pulau terbesar kedua di Indonesia, Tentunya pulau Kalimantan ini memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menawan.  Inilah 5 wisata alam terbaik di Kalimantan yang indah dan menawan :

Pulau Derawan

Di kepulauan ini terdapat sejumlah objek wisata bahari menawan, salah satunya Taman Bawah Laut yang diminati wisatawan mancanegara terutama para penyelam kelas dunia.

Di Kepulauan Derawan terdapat beberapa ekosistem pesisir dan pulau kecil yang sangat penting yaitu terumbu karang, padang lamun dan hutan bakau (hutan mangrove). Selain itu banyak spesies yang dilindungi berada di Kepulauan Derawan seperti penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, kima, ketam kelapa, duyung, ikan barakuda dan beberapa spesies lainnya.

Danau Sentarum

Danau Sentarum adalah danau musiman yang berada di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Danau ini dipenuhi air selama 10 bulan setiap tahunnya, dan sisanya akan surut, membentuk kolam-kolam kecil yang berisi ikan-ikan kecil.

Saat kemarau, Air Danau Sentarum memasok setengah dari aliran air Sungai Kapuas.

Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional ini menjadi salah satu taman nasional terbaik dan rumah bagi orangutan. Mereka tampak sering bergelantungan dari pohon ke pohon.

Terdapat Sungai Sekonyer yang bisa dikelilingi dengan transportasi semacam kapal, klotok namanya. Selama perjalanan, kamu bisa mengamati orangutan yang sedang asyik bergelantungan.

Pulau Kakaban

Pulau Kakaban menarik perhatian turis-turis mancanegara dengan beberapa keunikannya, salah satunya adanya danau di pulau tersebut yaitu Danau Kakaban. Yang mana pada danau tersebut diisi oleh campuran dari air hujan dan rembesan air laut dari pori-pori tanah.

Danau Kakaban menjadi tempat tinggal ubur-ubur cantik dan tidak beracun, sehingga kamu bisa menyelam sembari menikmati keindahan pulau ini. Ubur-ubur tersebut terdiri dari dua jenis, yakni emas dan bulan.

Itulah beberapa Wisata Alam terbaik di Kalimantan yang Indah dan Menawan yang perlu Anda tahu.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.