oleh

6 Cara Aman dan Nyaman Gunakan Bus Saat Traveling Libur Akhir Tahun

PortalMadura.Com – Musim libur akhir tahun banyak digunakan untuk liburan bersama keluarga. Biasanya mereka menggunakan mobil pribadi dengan alasan kenyamanan sebagai alat transportasi. Padahal mengendarai bus juga bisa Anda lakukan ketika traveling, dan pasti akan memberikan sensasi yang berbeda bagi Anda dan keluarga.

Meskipun tidak dapat dipungkiri perjalanan akan semakin lama jika menggunakan bus, tetapi Anda tidak akan rugi. Semuanya akan tergantikan dengan pengalaman baru melihat keanekaragaman daerah setempat, seperti pemandangan alam, rumah adat, dan kebiasaan suatu daerah.

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Kamis (26/12/2019) dari laman liputan6.com yang dikutip dari beberapa sumber. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar tetap merasa nyaman dan aman traveling dengan bus:

Beli Tiket di Biro Resmi

Saat memilih berkendara menggunakan bus, perhatikan terlebih dahulu jenis pembayaran yang biasa dilakukan. Ada beberapa bus yang memberikan tiket saat sudah di dalam bus, ada pula yang mengharuskan penumpang untuk membeli sebelum hari keberangkatan.

Jika Anda membeli tiket sebelum keberangkatan, alangkah lebih baik langsung datang ke biro resminya. Hal ini untuk menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti penipuan.

Cari Informasi Secara Lengkap

Agar tidak kehilangan arah saat traveling, sebelum keberangkatan Anda harus mencari terlebih dahulu informasi mengenai bus, mulai dari keberangkatan hingga lokasi pemberhentian terakhir bus. Penting pula mencari tahu riwayat bus tersebut apakah sering mengalami kecelakaan atau tidak. Hal itu setidaknya memberikan gambaran tentang jaminan keamanan selama di perjalanan.

Informasi mengenai rute perjalanan yang dilewati pun penting untuk Anda ketahui. Untuk seorang traveler seperti Anda, hal ini bisa menjadi kesempatan untuk turun sebentar dan mengambil gambar. Namun, sebelumnya tentu mesti meminta izin terlebih dahulu kepada sopir dan kondekturnya.

Pilih Tempat Duduk Sesuai Selera

Anda tentu tidak ingin waktu selama perjalanan terganggu dengan hal-hal yang kurang menyenangkan. Untuk itu pemilihan tempat duduk pun perlu diperhatikan.

Jika masih terdapat tempat yang kosong, pilihlah tempat duduk yang dekat jendela serta jauh dari toilet dan pintu agar tidak terganggu dengan lalu-lalang orang. Tempat duduk yang berada di atas ban bus pun sering kali dianggap bisa membuat kenyamanan terganggu dan menimbulkan mual bagi orang yang suka mabuk.

Baca Juga: Alfath Fathier dan Asep Dirumorkan ke Persib, Madura United : 80 Persen Pemain Bertahan

Berpakaian Senyamannya

Memiliki durasi perjalanan yang lebih panjang dari menumpang pesawat, saat traveling menggunakan bus sebaiknnya gunakan pakaian senyaman mungkin. Saat memilih untuk menggunakan bus yang ber-AC, jangan lupa pula untuk membawa baju hangat agar Anda tidak kedinginan saat malam hari.

Bawa Bantal Leher

Karena tidur dalam kondisi duduk, bantal leher dapat membantu Anda untuk meminimalisir rasa pegal. Menurut Dr Michael Breus, dokter dari Amerika Serikat yang disebut “Dokter Spesialis Masalah Tidur”, menyebutkan penggunaan bantal leher berbentuk U yang benar ialah posisi yang kosong berada di belakang, bukan malah sebaliknya.

Simpan Barang Bawaan di Bagasi

Selain barang-barang penting dan pakaian yang Anda kenakan, sisanya lebih baik ditaruh di bagasi bus. Hal itu dapat menghemat tempat dan Anda pun akan merasa nyaman sebab memiliki tempat yang sedikit lebih luas untuk meluruskan kaki.

Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar