oleh

6 Cara Atasi Memori Internal Ponsel Cepat Penuh

PortalMadura.Com – Memiliki ponsel dengan memori internal yang besar menjadi kebutuhan bagi sebagian orang. Memori yang besar akan membuat Anda nyaman menyimpan data Anda berupa foto, dokumen dan aplikasi penting lainnya. Namun, ponsel Anda selalu muncul pemberitahuan memori penuh, padahal Anda tidak memiliki aplikasi apapun di ponsel Anda. Hal ini membuat Anda tidak bisa menyimpan aplikasi yang dibutuhkan. Anda akan mencari cara agar ponsel Anda bisa menyimpan data penting.

Berikut cara mengatasi memori internal ponsel Anda yang cepat penuh. Dilansir dari laman Hppintar.Com, Sabtu (20/6/2020)

Hapus Data Kamera yang Tersimpan

Pertama hapus beberapa file yang sudah tidak Anda gunakan. Sebelum Anda menghapus data, backup terlebih dahulu data Anda agar data penting Ada tidak hilang.

Hapus data kamera yang tersimpan seperti video yang dengan resolusi HD (720P) hingga 4K. Data ini sangat memakan banyak memori, sehingga jika Anda menghapus data ini akan mengurangi kapasitas internal ponsel Anda.

Hapus Cache Aplikasi

Cache adalah aplikasi yang dapat mempercepat kinerja sistem android. Ponsel Anda memiliki banyak cache karena saat Anda membuka suatu aplkasi maka secara otomatis aplikasi ini akan menyimpan data tertentu.

Cara menghapus cache pada ponsel Anda. Pertama buka setelan pada ponsel Anda, lalu masuk ke menu aplikasi. Lalu pilih aplikasi yang memiliki ukuran paling besar. Buka aplikasi yang sudah anda pilih, klik menuk penyimpanan dan pilih hapus cache.

Gunakan Aplikasi Cleaner

Menggunakan aplikasi cleaner ini jika Anda malas melakukan penghapusan dengan manual. Selain itu, aplikasi ini dapat membuat ponsel Anda bekerja secara optimal.

Pindahkan Aplikas ke Memori Eksternal

Cara memindahkan aplikasi Anda ke memori eksternal, pertama masuk ke pengaturan dan pilih aplikasi. Setelah itu masuk ke manager aplikasi jika muncul informasi untuk menghapus memori dan pindahkan ke kartu SD. maka Anda pilih pindahkan ke kartu SD.

Hapus File Aplikasi yang Sudah Uninstall dan Data yang Tidak Perlu

Caranya pada menu utama pilih file saya, klik button penggunaan penyimpanan pada posisi paling bawah. Lalu pilih rincian dan masuk ke file campuran. Setelah itu hapus cache aplikasi yang sudah di uninstall.

Aplikasi yang Memakan Memori Internal

Ada beberapa aplikasi yang memakan memori besar. Aplikasi ini adalah Layanan google play, Facebook, Aplikasi browser (Google, chrome dan lainnya.), Aplikasi marketplace, Maps, Foto dan Google play store

Maka Anda bisa memindahkan aplikasi ini ke memori eksternal agar tidak memenuhi memori internal Anda.

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : Hppintar.Com
Tirto.ID
Loading...

Komentar