6 Cara Jitu Belanja Online Agar Tak Boros

Avatar of PortalMadura.com
6 Cara Jitu Belanja Online Agar Tak Boros
ilustrasi

PortalMadura.Com – Semakin canggihnya teknologi, kini membuat segala pekerjaan menjadi mudah dan cepat. Tidak hanya itu saja, dengan hanya mengandalkan perangkat-perangkat canggih, seseorang bisa melakukan banyak kegiatan. Salah satunya, yaitu belanja online atau yang lebih dikenal onlineshop.

Apalagi saat ini belanja secara online sudah bukan hal yang tabu, mayoritas orang memanfaatkan hal ini untuk mendapatkan barang-barang kebutuhannya dengan mudah dan cepat. Bahkan, dengan berbelanja online, Anda bisa mendapatkan barang dengan harga yang jauh lebih murah dan pastinya lebih menguntungkan.

Jadi, tidak heran bila banyak orang yang lebih memilih berbelanja online dibandingkan dengan berbelanja offline. Karena banyaknya keuntungan tersebut, terkadang malah membuat mayoritas orang yang kalap dan akhirnya tidak dapat membatasi diri saat berbelanja online. Nah jika hal ini diteruskan, tentu saja membuat pengeluaran semakin membengkak dan akhirnya malah membuat Anda menjadi boros.

Untuk itu, berikut ini enam trik jitu agar Anda tidak kalap ketika belanja online:

Cari Tahu Lebih Dahulu
Sebelum Anda memutuskan untuk membeli barang, akan lebih baik jika Anda mencari tahu terlebih dahulu. Apakah toko online yang menjual barang yang Anda inginkan benar-benar menjual produk-produk yang asli atau tidak. Jangan lupa untuk melakukan perbandingan dengan toko online lainnya dengan produk yang sama.

Perhatikan pula testimoni dari konsumen-konsumen sebelumnya, sehingga Anda dapat mengetahui apakah toko tersebut dapat terpercaya atau tidak.

Cari Promo yang Tersedia
Di situs-situs online biasanya tersedia sejumlah promo yang menarik dengan mencamtukan kode promo. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba menggunakan promo-promo tersebut untuk mendapatkan harga yang murah.

Selain itu, toko-toko online juga akan memberikan diskon yang berbeda-beda yang tentu saja menguntungkan. Anda perlu cermat dan teliti sebelum membeli. Lakukan terlebih dahulu perbandingan, sehingga Anda bisa mendapatkan barang yang murah dan sesuai dengan yang diinginkan.

Lihat Rating dan Review Penjual
Saat Anda membeli barang, jangan abaikan review dan rating dari toko online tersebut. Cara ini cukup efektif karena akan membuat Anda tidak tergesa-gesa ketika membeli barang. Bahkan, Anda juga dapat mempertimbangkan sekali lagi sebelum membeli barang tersebut.

Selain itu, cara ini juga bisa membuat Anda terhindar dari kemungkinan mendapatkan barang-barang yang tidak sesuai dengan keinginan.

Tidak Ada Salahnya untuk Manfaatkan Cicilan
Memanfaatkan cicilan untuk belanja online ada untungnya. Selain tidak perlu mengeluarkan uang tunai dalam jumlah besar, hal ini membantu Anda untuk mengatur keuangan agar tetap sehat. Kalau Anda menggunakan kartu kredit, Anda bisa memanfaatkan fitur cicilan yang disediakan. Untungnya, menggunakan kartu kredit untuk ambil cicilan tidak membebani Anda dengan bunga, alias bunga yang diberlakukan 0 persen.

Di samping menawarkan bunga 0 persen, beberapa kartu kredit juga menawarkan keuntungan lain, seperti diskon, cashback, ataupun reward. Tentunya hal ini memberi keuntungan bagi Anda bukan jika menggunakan kartu kredit?.

Belanjalah Sesuai dengan Budget yang Sudah Diatur
Jangan memaksakan diri membeli barang-barang yang sekiranya tidak sesuai dengan budget. Bahkan, hingga membuat Anda harus memangkas pengeluaran-pengeluaran yang sebenarnya penting. Untuk itu, belilah barang-barang yang memang sesuai dengan kemampuan dan isi dompet Anda.

Tahu Kebutuhan Anda
Belanja online memang menjadi kegiatan yang menyenangkan, apalagi bagi Anda yang memang hobi berbelanja. Namun, jangan sampai Anda kalap dan membuat pengeluaran semakin boros. Untuk itu, ketahui dulu kebutuhan Anda sehingga tidak membeli barang-barang yang tidak penting. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.