6 Cara Mudah dan Ampuh Atasi Kulit Berminyak Agar Tak Jerawatan

Avatar of PortalMadura.com
6 Cara Mudah dan Ampuh Atasi Kulit Berminyak Agar Tak Jerawatan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Seseorang dengan jenis kulit wajah berminyak akan terlihat mengkilap sepanjang hari meskipun sudah mencuci wajah. Sehingga hal ini akan membuat tidak percaya diri. Apalagi orang yang memiliki kulit wajah berminyak biasanya akan muncul komedo bahkan dibandingkan jenis kulit lainnya.

Namun Anda tidak perlu khawatir meskipun mempunyai . Karena dengan kombinasi produk perawatan kulit yang tepat bisa mengurangi minyak di wajah Anda. Sehingga wajah Anda tidak terlihat mengkilap. Nah, ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk atasi kulit berminyak. Apa saja?

Berikut ulasannya:

Pembersih yang Tepat
Hal pertama yang perlu dilakukan dalam perawatan kulit yaitu menggunakan pembersih yang tepat. Hal ini sangat penting ketika Anda memiliki jenis kulit berminyak. Karena sel-sel kulit mati dan minyak cenderung berada diantara kulit ketika memiliki jenis ini. Dengan mengenakan pembersih yang tepat, Anda tidak hanya dapat menghilangkan sel-sel kulit yang tidak diinginkan tetapi juga dapat membuka sumbatan pori-pori yang menyebabkan komedo dan berjerawat.

Selain itu, jangan menggosok kulit Anda terlalu keras atau kencang karena hal ini dapat menyebabkan kulit Anda menghasilkan lebih banyak minyak yang mengganggu keseimbangan alami kulit. Pastikan Anda benar-benar menghapus semua rias wajah Anda di malam hari sebelum mencuci wajah. Tidur dengan mengenakan riasan akan semakin menyumbat pori-pori.

Exfoliate
Jika Anda memiliki kulit berminyak, Anda harus melakukan eksfoliasi secara teratur. Jika sedng berjerawat, hindarilah menggunakan scrub karena dapat menyebabkan bakteri menyebar ke bagian wajah lainnya dan menimbulkan jerawat lainnya. Anda bisa eksfoliasi dengan menggunakan toner atau serum yang mengandung bahan pembersih kulit. Ikuti instruksi pada produk untuk mengetahui beberapa kali Anda harus melakukan eksfoliasi. Beberapa produk menganjurkan digunakan setiap hari untuk hasil terbaik dan ada pula yang lebih baik digunakan hanya sekali atau dua kali dalam seminggu.

Masker
Meskipun jarang digunakan, ini merupakan senjata rahasia untuk membuat kulit berminyak terlihat lebih segar dan bercahaya. Masker yang tepat dapat menyerap minyak wajah berlebih dan menjaga kulit Anda agar terasa halus. Carilah masker yang mengandung charcoal atau clay karena berfungsi menyerap minyak berlebih di kulit. Ada pula masker yang mengandung bahan-bahan untuk melawan jerawat. Jika Anda mengunakan masker, jangan terlalu cepat membilasnya,hal tersebut membuat manfaat dari masker tidak berfungsi dengan baik.

Pelembap
Meskipun memiliki kulit berminyak, Anda perlu menggunakan pelembap agar kulit tetap sehat. Kulit berminyak cenderung mengalami dehidrasi karena kebanyakan orang menggunakan produk dan bahan-bahan keras. Selain itu, banyak orang dengan kulit berminyak menghindari pelembap karena berpikir akan menambahkan minyak diwajah. Beberapa pelembap berbentuk cair atau gel, namun tidak akan membuat kult terasa lebih berminyak.

Pelindung
Jangan lupa menggunakan tabir surya setiap pagi karena semua jenis kulit membutuhkan perlindungan. Banyak orang dengan kulit berminyak menghindari mengoleskan tabir surya ke wajah karena merasa bahwa tabir surya dapat menyumbat pori-pori mereka. Agar hal ini tidak terjadi, Anda hanya perlu mengenakan tabir surya yang tepat.

Stop Shine
Memiliki wajah berkilau sepanjang hari memang bisa membuat kesal. Anda dapat menggunakan primer makeup untuk menghentikan hal tersebut. Oleskan setelah tabir surya dan sebelum riasan Anda.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.