oleh

6 Cara Mudah untuk Melawan Rasa Malas

PortalMadura.Com – Rasa malas dan enggan melakukan sesuatu yang sebenarnya untuk kepentingan diri sendiri itu memang kadang muncul. Itu manusiawi. Namun, bukan berarti itu harus selalu dituruti. Karena jika terus-menerus dituruti, kemalasan itu akan menjadi bagian dari dirimu.

Pastinya setiap orang pernah merasakan kehilangan semangat untuk melakukan suatu kegiatan. Kehilangan semangat yang dimaksud adalah munculnya rasa malas yang dapat memengaruhi pada pekerjaan yang harus diselesaikannya. Orang yang malas cenderung menunda-nunda pekerjaan.

Memang susah untuk melawan rasa malas pada diri sendiri. Namun jika rasa malas terus-menerus tidak dilawan, akan menjadi kebiasaan buruk bagi seseorang. Berikut ini cara mudah untuk melawan rasa malas pada diri sendiri, seperti yang dilansir dari laman fimela.com.

Ketahui Penyebab Rasa Malas
Ada baiknya untuk mengetahui penyebab munculnya rasa malas jika mau melawan rasa malas tersebut. Banyak faktor yang memengaruhi seseorang menjadi malas untuk melakukan pekerjan. Pastikan apa penyebab yang menjadi malas, baik karena pekerjaan yang membosankan, atau terlalu banyak pekerjaan yang membuatmu bingung untuk mengerjakannya. Temukan solusi dari rasa malas tersebut, jika berkaitan dengan pekerjaan, ada baiknya untuk membicarakan hal ini pada atasanmu.

Bekerja di Meja Kerja
Jika Anda seorang freelancer atau remote working, usahakan untuk mengerjakan pekerjaan di atas meja. Hindari mengerjakan pekerjaan di atas tempat tidur atau sofa yang memungkinkanmu merasa malas. Anda akan lebih tergoda untuk berbaring dan tiduran, ini yang memicu timbulnya rasa malas.

Jangan Menunda-Nunda Pekerjaan
Cara melawan rasa malas dengan tidak menunda-nuda pekerjaan. Usahakan untuk segera mengerjakan pekerjaan lebih awal, dan bersantailah jika pekerjaanmu sudah selesai. Mungkin ada sebagian orang yang dapat mengerjakan pekerjaan jika sudah mendekati deadline, namun hal ini akan membuat kerjaanmu menjadi tidak optimal.

Cari Sumber Motivasi
Jika merasakan malas tak ada salahnya untuk mencari sumber motivasi bagi Anda. Mencari sumber motivasi dapat dilakukan pada teman dekat. Mintalah bantuan padanya untuk mengingatkanmu agar tidak malas. Namun meskipun diingatkan, ada baiknya jika Anda juga harus sadar diri. Tidak mungkin jika temanmu harus mengingatkanmu terus-menerus, jika tidak ada usaha dari dirimu sendiri.

Istirahat yang Cukup
Munculnya rasa malas pada seseorang dapat dikarenakan ia kekurangan waktu untuk istirahat. Banyak kegiatan yang ia lakukan, membuatnya kehilangan waktu untuk istirahat. Ketika mengalami kelelahan seseorang akan merasa malas melakukan pekerjaannya. Sesibuk apapun kerjaanmu, baiknya tetap luangkan waktu untuk istirahat.

Teguhkan Niat
Jika hendak melawan rasa malas, ada baiknya ada niat dari dalam hati. Lakukan semua dengan niat karena dirimu ingin berubah menjadi lebih baik. Ingatlah jika malas adalah kegiatan yang hanya menyia-nyiakan waktu saja. Masih ada banyak hal yang perlu untuk dilakukan dan tentunya lebih bermanfaat.

Rasa malas hanya akan membuat Anda menemukan kesulitan. Pekerjaan yang sering Anda tunda akan semakin menumpuk, dan pastinya akan lebih lama untuk mengerjakannya. Pikirkan baik-baik akibat yang muncul dari rasa malas. Semoga informasinya bermanfaat.

Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber : fimela.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar