oleh

6 Cara Rawat Motor Baru

PortalMadura.Com – Punya motor baru merupakan kebanggan tersendiri. Namun, jangan lupa untuk merawat agar kondisinya tetap baik.

Perawatan motor di saat kondisi masih baru penting dilakukan. Agar kendaraan roda dua ini bisa bertahan dalam waktu yang lama. Lantas bagaimana cara merawat motor baru?

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman detik.com yang dikutip dari Wahana Honda, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat motor baru.

Hindari Membawa Barang Bawaan Berlebih dengan Jarak Tempuh yang Jauh

Barang bawaan berat membuat motor bekerja lebih keras. Tidak hanya berimbas pada tekanan ban yang bertambah, kinerja mesin juga akan berat karena dipaksa menghasilkan tenaga di luar batas kewajaran.

Selain itu, barang bawaan yang berat juga membuat frame motor menjadi tidak presisi lagi. Bagian paling mudah rusak saat motor Anda membawa barang berlebih adalah suspensi. Jika motor terpaksa mengangkut beban berat, hindari memakainya untuk perjalanan jauh, maksimal jarak tempuhnya adalah 50 km.

Manfaatkan Jasa Servis Gratis

Jika membeli motor baru, pihak dealer akan memberikan jasa servis gratis. Jasa servis gratis ini biasa berlangsung selama 4 kali dengan ketentuan tanggal yang sudah tertera. Umumnya untuk servis pertama, pihak bengkel memberi oli gratis, lalu servis kedua dan seterusnya mendapatkan servis gratis saja.

Manfaatkan jasa servis gratis ini sebaik mungkin untuk menjaga kondisi motor baru tetap prima dan maksimal. Jika ada keluhan, segeralah sampaikan untuk mendapat penanganan lebih dini.

Lakukan Pemanasan Mesin Motor Sebelum Digunakan

Memanaskan mesin motor sebelum digunakan merupakan hal sederhana berikutnya yang dapat Anda lakukan. Panaskan motor pada pagi hari sebelum digunakan beraktivitas selama beberapa menit. Dalam rentang waktu 5 menit ini, mesin sudah melakukan persiapan sebelum digunakan beraktivitas.

Kenapa hanya 5 menit? Karena jika lebih dari 5 menit, mesin motor akan panas terlebih dahulu sebelum digunakan dan akan membuang-buang bahan bakar. Waktu 5 menit sudah cukup untuk membuat mesin cukup panas.

Jadi, saat motor digunakan, temperatur pada mesin akan naik secara perlahan. Hal ini yang akan membuat mesin dapat bertahan lebih lama.

Rajin Membersihkan Motor

Membersihkan motor dapat dilakukan dengan cara mencuci atau mengelapnya. Jika kondisi motor tidak terlalu kotor alias hanya berdebu, Anda hanya perlu mengelapnya dengan menggunakan lap berbahan lembut.

Namun, jika kondisi motor sudah kotor, segeralah cuci motor tersebut. Semprotkan air ke seluruh bagian motor agar pasir-pasir yang menempel rontok terlebih dahulu. Setelah itu, bersihkan kaki-kaki menggunakan sikat dan sabun colek. Selanjutnya bodi motor bisa dibersihkan dengan menggunakan sampo khusus agar cat tidak rusak.

Setelah selesai dicuci, lap seluruh bagian motor sampai bersih. Pastikan tidak ada air yang tertinggal karena ini akan menyisakan noda bercak putih pada kendaraan.

Hindari Paparan Sinar Matahari

Hindari paparan sinar matahari secara langsung karena akan membuat warna bodi motor cepat memudar. Selain itu, paparan sinar matahari langsung dapat menimbulkan garis-garis retakan pada kaca speedometer. Oleh karena itu, saat memarkirkan kendaraan, pastikan untuk meletakkannya di tempat teduh atau bisa menggunakan mantel penutup motor untuk menghindari paparan sinar matahari langsung.

Gunakan Bahan Bakar Beroktan Tinggi

Jangan lupa gunakan bahan bakar beroktan tinggi. Mesin dengan teknologi injeksi akan bekerja lebih optimal serta lebih awet jika menggunakan bahan bakar beroktan di atas 90.

Bahan bakar beroktan tinggi akan meminimalkan kerak yang ditinggalkan bensin pada injector sehingga mesin jadi lebih awet. Bahan bakar beroktan tinggi juga membuat mesin menjadi lebih halus karena mengalami pembakaran yang lebih sempurna.

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Detik.Com

Komentar