6 Cara Redakan Flu dan Batuk Tanpa Obat

Avatar of PortalMadura.com
6 Cara Redakan Flu dan Batuk Tanpa Obat
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Musim terus berganti. Pada saatnya musim penghujan akan tiba, cuaca pun yang biasanya panas menjadi sejuk dan dingin. Pada musim awal penghujan, Anda harus berhati-hati karena badan menjadi lebih mudah terserang penyakit yang disebabkan adanya perubahan suhu. Ada beberapa penyakit yang dapat menyerang saat hujan yaitu .

Agar terhindar dari penyakit flu dan batuk, Anda harus menjaga daya tahan tubuh agar selalu prima. Namun jika sudah merasa flu dan batuk mulai menyerang, Anda bisa meredakannya meski tanpa obat. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Jumat (22/11/2019) dari laman okezone.com yang dikutip dari WebMD.

Berikut ini penjelasannya:

Minum Satu Sendok Teh Madu

Madu merupakan obat tradisional yang bisa Anda gunakan untuk meredakan batuk. Cobalah dengan meminum madu, seperti menambahkan satu sendok madu pada teh yang akan Anda minum. Namun jangan berikan madu pada anak dibawah umur satu tahun.

Minum Cukup

Minum akan membuat tenggorokan Anda menjadi lembab dan nyaman. Hampir semua minuman tidak masalah kecuali alkohol atau minuman berkafein karena itu dapat membuat tenggorokan Anda kering. Untuk lebih maksimal coba konsumsi minuman yang hangat, seperti teh hangat atau Anda bisa mengkonumsi sup ayam untuk menghangatkan saluran udara Anda. Tidak hanya akan menghidrasi, tetapi kehangatan membantu memecah lendir.

Baca juga : Beredar Video Pilkades Memanas di Sampang

Menghirup Uap

Jika tenggorokan Anda kering akan membuat Anda lebih mudah batuk, uap air bisa menjadi solusi agar tenggorokan Anda menjadi lembab kembali. Cobalah bernapas dalam uap dari mandi air panas. Atau gunakan pelembab udara atau vaporizer di kamar Anda saat tidur. Uap tersebut dapat membuat hidung dan tenggorokan Anda menjadi tidak terlalu kering dan dapat menghilangkan rasa gatal di tenggorokan. Kelembaban juga dapat meredakan pernapasan dan mengurangi lendir di tenggorokan.

Hindari Udara Kotor

Menghindari udara kotor, seperti asap rokok karena asap rokok sangat berbahaya ketika Anda sakit. Ini benar-benar dapat mengiritasi batuk Anda. Yang terpenting jangan merokok, dan jauhi orang lain yang merokok.

Berkumur dengan Air Garam

Berkumurlah dengan air garam. Tapi apakah obat tradisional ini benar-benar berfungsi? Penelitian masih belum menunjukkan hal itu, tetapi banyak orang yang mempercayai obat tradisional. Jika Anda ingin melakukan hal itu, maka yang harus dilakukan yaitu mencampurkan satu sendok teh garam dalam 8 ons air hangat dan kumur. Lakukan beberapa kali sehari.

Beristirahat

Nah yang terakhir yaitu beristirahat. Jika Anda ingin menghilangkan flu dan batuk, Anda harus tenang. Tubuh membutuhkan energi untuk melawan virus. Jangan dorong diri Anda terlalu keras, karena itu akan membuat tubuh Anda lelah dan mudah membuat stres. Maka solusi yang tepat adalah dengan beristirahat untuk beberapa waktu dan jangan melakukan banyak aktivitas yang melelahkan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.