oleh

6 Ciri Motor Perlu Diservis

PortalMadura.Com – Pemilik motor wajib melakukan servis kendaraan secara berkala agar selalu dalam keadaan optimal. Karena biasanya pengendara kurang paham kapan waktu untuk melakukan hal itu.

Nah, ternyata ada beberapa tanda yang bisa Anda ketahui untuk melakukan servis motor. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com yang dikutip dari Federal Oil, berikut ini penjelasannya:

Jarak yang Ditempuh Melebihi Batas Ketentuan

Servis berkala dan ganti oli biasanya dilakukan setelah motor menempuh jarak 2000 kilometer. Anda cukup mengingat kilometer berapa terakhir servis melakukan servis. Ini adalah penanda paling gampang.

Susah Dinyalakan

Ketika ingin menggunakan kendaraan di pagi hari, motor biasa langsung hidup juga dinyalakan dengan electric starter. Apabila motor susah dinyalakan, itu merupakan tanda motor sudah harus diservis.

Namun sayangnya kebanyakan orang justru mengira hal ini disebabkan karena motor kedinginan setelah semalaman tidak dinyalakan, dan terus mencoba menyalakannya.

Jika terus dipaksakan kemungkinan karburator atau busi motor Anda akan semakin Aus.

Motor Mengeluarkan Suara yang Tidak Semestinya

Beberapa contoh suara yang biasanya muncul yaitu suara seperti berderik atau berdesing dari mesin, suara berisik dari rantai, suara terseret-seret dari belt pada motor matik, suara gesekan dari cakram.

Pergantian Gigi Tidak Lancar

Tarikan awal yang berat saat posisi gigi 1 adalah salah satu tanda motor bebek atau motor sport butuh segera diservis. Selain tarikan awal yang berat, Anda juga bisa merasakan kecepatan maksimum yang tidak bisa tercapai.

Selain itu juga perpindahan gigi yang tidak mulus. Muncul sentakan ketika Anda mengoper gigi. Jika mengalami hal ini, segera bawalah motor Anda untuk diservis.

Motor Bergetar Tidak Seperti Biasanya

Motor yang melaju biasanya memang menimbulkan getaran halus. saat motor terus menerus digunakan biasanya setelan karburator juga berubah dengan sendirinya sehingga menimbulkan getaran pada body motor.

jika Anda merasakan getaran ini semakin besar dan mengganggu sebaiknya bawa ke bengkel untuk segera diservis.

Mengeluarkan Asap

Teknologi motor saat ini menjadikan motor tidak berasap. Yang patut dicurigai adalah jika motor yang biasanya tidak berasap tiba-tiba muncul asap dari bagian knalpot.

Ketika muncul asap putih biasanya ada masalh pada piston, sedangkan bila yang muncul adalah asap hitam biasanya yang bermasalah adalah bagian karburator.

Jika muncul fenomena diatas sebaiknya motor Anda segera diservis agar kerusakan tidak terlalu parah.

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Liputan6.Com

Komentar