6 Fakta Penting Penyakit Hepatitis A yang Perlu Anda Tahu

Avatar of PortalMadura.com
6 Fakta Penting Penyakit Hepatitis A yang Perlu Anda Tahu
Ilustrasi

PortalMadura.Com – merupakan infeksi organ hati yang disebabkan oleh virus Hepatitis A. ini tengah mewabah di Pacitan Jawa Timur dan masuk dalam kategori Kejadian Luar Biasa (KLB).

Menurut Dokter spesialis penyakit dalam, Prof Ari F Syam, ada beberapa fakta yang perlu Anda ketahui dan waspadai mengenai penyakit Hepatitis A ini. Apa saja? Berikut penjelasannya:

Terjadi Saat Pancaroba
Penyakit hepatitis A ini akan meningkat diakhir kemarau dan di masa awal musim hujan. Anda tahu bahwa infeksi Hepatitis A merupakan infeksi yang endemis di masyarakat, pengalaman klinis saya jumlah kasus akan meningkat diakhir kemarau dan di masa awal musim hujan seperti saat ini, ujarnya.

Menyerang Organ
Prof. Ari menyampaikan Hepatitis A merupakan infeksi organ hati yang disebabkan oleh virus Hepatitis A. Jika sudah terserang penyakit harus bedrest, jika tidak akan membuat peradangan di hati atau liver, tuturnya.

Pasien juga merasakan nyeri di perut kanan atas karena memang pasien dengan infeksi hepatitis A yang meradang adalah di bagian liver yang sebagian besar berada di perut kanan atas.

Penyebaran
Hepatitis A ditularkan melalui makanan dan minuman dan juga melalui kontak langsung. Selain itu hubungan seksual juga bisa menjadi penyebab tertular Hepatitis A jika melakukan seksual secara anal atau oral. Virus ini terdapat pada feses pasien yang terinfeksi, oleh karena itu makanan dan minuman menjadi media utama penyebab penularan infeksi ini.

Kasus hepatitis A yang menyebabkan KLB, biasanya berhubungan dengan makanan atau minuman yang tercemar. Karena sebenarnya tidak mudah untuk tertular dari satu orang ke orang lain yang hanya bertemu di kampus.

Gejala yang Menyertai
Sebelumnya pasien mengalami common cold, seperti orang yang mengalami gejala flu, sakit badan, mual dan kadang disertai muntah, nafsu makan menurun dan lemas, buang air kecil berwarna kuning.

Baca Juga: Nelayan Ambunten Sumenep Gagahi Anak Bawah Umur

Menyebabkan Kematian
Pasien dengan hepatitis A, biasanya datang sudah kuning. Gejala yang timbul bisa ringan sampai berat bahkan jika terjadi hepatitis fulminan akibat virus hepatitis A ini dapat menyebabkan kematian.

Pencegahan
Prof. Ari menyampaikan penyakit ini bisa dicegah dengan gaya hidup sehat, seperti makan yang teratur dan cukup gizi, istirahat cukup dan banyak mengonsumsi buah dan sayur-sayuran. Cuci tangan pakai sabun yang rutin, sebelum dan sesudah makan dan setelah keluar dari toilet, apalagi penyakit ini tertular melalui makanan dan minuman.

Daya tahan tubuh yang baik bisa mencegah Anda dari hepatitis A, jadi sebaiknya untuk melakukan pola hidup sehat karena dapat menbuat daya tahan tubuh yang kuat, tandasnya.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.