oleh

6 Hal Ini Ternyata Juga Dapat Sebabkan Bau Badan

PortalMadura.Com – Masalah bau badan memang tidak bisa dianggap sepele. Sebab, hal tersebut dapat membuat malu dan kurang percaya diri saat berada di kerumunan orang. Bau badan tidak hanya membuat kita menjadi menghindari orang, tetapi teman yang berada di sekitar kita juga akan merasa tidak nyaman di dekat kita sehingga memilih untuk menghindar.

Pada umunya, bau badan disebabkan oleh keringat berlebih. namun, tahukah Anda bahwa ternyata ada faktor lain yang menyebabkan hal tersebut, sehingga membuatnya bertambah buruk.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Kapal Karam dan Dua Kerangka Jenazah Berhasil Dievakuasi Tim Sar Polda Jatim

Berikut beberapa penyebab lain yang menyebabkan bau badan bertambah buruk.

Bakteri
Ada dua jenis kelenjar keringat di tubuh kita yaitu kelenjar Ekrin dan kelenjar Apokrine. Bakteri ini terbuat dari garam dan air yang sebagian besar tidak berbau. Kelenjar apokrin terletak di dekat folikel rambut, ketiak dan di kulit kepala. Ia menghasilkan keringat banyak yang merupakan hasil dari protein dan lipid. Ketika bakteri bersentuhan dengan kelenjar apokrin, mereka menyebabkan reaksi kimia dan mengeluarkan bau busuk. Ini menyebabkan bau badan dan ketika terkena suhu yang lebih tinggi, stres atau cemas, maka akan mempengaruhi bau badan kita.

Berat Badan
Alasan lain yang menyebabkan bau badan adalah berat badan Anda. Biasanya, orang dengan berat badan yang berat memiliki bau badan yang lebih buruk. Itu karena pengerahan tambahan yang diperlukan untuk melakukan tugas. Selain itu, keringat mungkin tersangkut di lapisan kulit tebal, yang pada akhirnya memberikan kesempatan pada bakteri untuk berkembang.

Stress
Alasan ini mungkin mengejutkan Anda tetapi stres dapat membuat tubuh berkeringat secara berlebihan. Ketika Anda stres, itu membuat kelenjar apokrin berkeringat dan menimbulkan bau badan yang berlebih dan semakin buruk jika semakin stress.

Sindrom Bau Ikan
Ini adalah kondisi medis yang langka yang ditandai dengan bau badan amis yang tidak menyenangkan. Bau ini juga dapat memengaruhi napas, urin, dan keringat dan diyakini disebabkan oleh gen yang salah. Menjaga kebersihan, menghindari stres, dan menggunakan deodorant diyakini dapat membantu Anda mengurangi bau badan.

Obat-obatan danSituasi Medis Tertentu
Ada kondisi medis tertentu yang dapat menyebabkan bau badan. Obat-obatan seperti antidepresan dapat membuat tubuh Anda berbau aneh. Tidak hanya itu, situasi medis tertentu seperti penyakit ginjal atau hati, diabetes, pertumbuhan bakteri yang berlebihan pada kulit dapat menyebabkan bau badan yang aneh. Anda harus mencoba untuk menjaga kulit tetep bersih dan mengenakan pakaian nyaman untuk menghilangkan keringat.

Makanan Tertentu
Alasan ini mungkin sudah tidak asing lagi, bahwa makanan yang kita makan juga bisa memengaruhi bau badan. Sayuran seperti bawang, kubis atau kol, dan kembang kol, mengandung senyawa sulfur yang memengaruhi kelenjar ekrin. Namun, bau ini tidak bertahan lama. Bahkan alkohol dan daging dapat menyebabkan bau badan dan dengan minum banyak air putih dapat meringankan bau.

Itulah hal lain yang menyebabkan bau badan selain keringat berlebih dan gen. Semoga informasi tersebut bermanfaat. (okezone.com/Nanik)

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar