6 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pergi Liburan Akhir Tahun

Avatar of PortalMadura.com
6 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pergi Liburan Akhir Tahun
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagian orang mungkin sudah tidak sabar menunggu liburan akhir tahun yang kini sudah di depan mata. Liburan memang menjadi hal yang mengasyikan jika terencana dengan baik.

Akan tetapi, aktivitas ini bisa menjadi bencana jika Anda tidak mempersiapkannya sebaik mungkin. Untuk itu, sebelum Anda pergi berlibur di akhir tahun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar liburan Anda jadi menyenangkan.

Berikut ini enam hal yang perlu Anda perhatikan sebelum berangkat liburan di akhir tahun:

Persiapkan Kondisi Tubuh
Siapa pun ingin berlibur dalam kondisi tubuh sehat dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. Jaga kondisi tubuh tetap fit agar tidak mudah sakit. Misalnya dengan pola makan yang sehat dan seimbang, memiliki waktu istirahat yang cukup, dan meluangkan waktu untuk berolahraga.

Selain itu, jangan lupa untuk Bayar BPJS Kesehatan tepat waktu, yang akan memberikan jaminan pengobatan dan perawatan, jika mengalami kecelakaan atau terserang penyakit saat liburan.

Perlengkapan Selama Traveling
Tidak harus membawa terlalu banyak barang saat liburan, karena justru akan membuat Anda capek dan kerepotan. Cukup bawa perlengkapan yang benar-benar dibutuhkan, mulai dari pakaian ganti, dokumen pribadi, obat-obatan, hingga gadget dan charger.

Cek Akomodasi dan Tiket Transportasi
Berlibur di luar kota atau negeri tidak bisa terlepas dari akomodasi dan transportasi. Agar liburan akhir tahun berjalan lancar dan berkesan, pesan penginapan dan tiket keberangkatan jauh-jauh hari. Tidak hanya minim risiko kehabisan, harga yang didapat juga lebih murah.

Selain itu, mendekati hari-H keberangkatan, usahakan untuk mengecek kembali tiket yang sudah dibeli dan tempat menginap. Hal ini untuk menghindari keterlambatan dan memastikan ketersediaan kamar untuk ditinggali.

Jaga Rumah dalam Kondisi Rapi dan Bersih
Membersihkan rumah merupakan salah satu hal wajib untuk dilakukan sebelum berlibur. Bukan hanya menghindarkan dari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya mengundang serangga atau tikus untuk masuk ke rumah, tapi juga terasa lebih menyenangkan saat kembali ke rumah dalam kondisi yang bersih dan rapi.

Sediakan satu hari sebelum keberangkatan Anda untuk membersihkan ruangan dari debu dan kotoran, mengosongkan kulkas, hingga membuang semua sampah.

Pastikan Keamanan Rumah
Selain meninggalkan rumah dalam kondisi bersih dan rapi, keamanannya pun perlu diperhatikan. Matikan air dan cabut semua kabel elektronik yang masih tersambung dengan listrik agar terhindar dari bahaya korsleting listrik.

Begitu juga saluran gas pada kompor, sebaiknya dimatikan untuk meminimalkan risiko kebakaran. Jangan lupa juga untuk mamastikan pintu dan jendela dalam kondisi tertutup rapat dan terkunci.

Bayar Semua Tagihan
Berlibur bukan berarti melupakan tanggung jawab untuk membayar semua tagihan seperti tagihan listrik, air, hingga kartu kredit. Agar merasa lebih tenang saat liburan dan terhindar dari denda, jangan sampai terlambat melunasi tagihan.

Manfaatkan kemudahan informasi dan pembayaran dengan cek tagihan listrik terlebih dahulu, untuk mengetahui besaran biaya yang harus dibayarkan. (merdeka.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.