oleh

6 Jenis Jamu yang Dipercaya Bikin Awet Muda

Bayar pajak itu wajib

PortalMadura.Com – Mayoritas masyarakat Indonesia lebih memilih untuk mengonsumsi jamu ketika sakit dibandingkan minum obat berbahan kimia. Biasanya, obat tradisional khas negeri ini dibuat dari berbagai macam bahan alami seperti daun-daunan, kulit batang, buah suatu tanaman, dan akar-akaran.

Minuman herbal ini meskipun punya rasa yang unik, ternyata tidak hanya memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, namun juga menyimpan sejumlah khasiat bagi kecantikan.

Nah, berikut ini enam jenis jamu yang dipercaya bisa membuat seseorang tampak awet muda, melansir dari Okezone.com, Minggu (25/8/2019):

Sirih

Sirih mengandung minyak atsiri seperti chavicol dan betlephenol yang berfungsi sebagai antijamur, antioksidasi, dan antikuman. Bahan alami yang satu ini memang memiliki berjuta manfaat, salah satunya sebagai kesehatan kulit. Caranya, minumlah rebusan daun sirih secara rutin agar bisa membuat kulit tampak sehat, bersih, dan segar.

Air Jahe

Manfaat air jahe tidak hanya untuk membuat tenggorokan menjadi lega, karena ternyata jahe memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan dan kecantikan. Air jahe dapat merangsang selaput lendir perut besar dan usus yang akan berdampak pada metabolisme tubuh menjadi lebih baik. Sehingga hal ini dapat membuat seseorang tampak awet muda dari dalam.

Baca Juga: 5 Bukti Ilmiah Puasa Bisa Jadikan Wanita Awet Muda dan Cantik

Loading...

Sambiloto

Jamu sambiloto mengandung andrografin, androfolit, dan panikulin yang merupakan antibiotika alami, sehingga jamu ini dipercaya dapat menghambat penuaan dini. Zat-zat itulah yang dapat membantu mengurangi risiko penuaan kulit dan menjaga fungsi organ tubuh dari efek radikal bebas.

Selain itu, jamu yang memiliki rasa pahit ini juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi yang menurunkan kualitas organ dalam.

Sinom

Sinom terbuat dari campuran air, asam Jawa, daun asam muda, gula asli dan juga kunyit. Jamu ini dapat membuat badan lebih segar dan membantu proses detoksifikasi. Racun yang dibuang dari dalam tubuh membuat kulit lebih bersinar dan bebas dari jerawat.

Kunyit Asam

Jamu yang satu ini memang banyak dikonsumsi oleh perempuan. Kunyit mengandung minyak atsiri, kurkuminoid, protein, fosfor, kalium, besi, dan vitamin C. Kunyit dapat membuat kulit lebih berseri sehingga seseorang tampak lebih segar dan awet muda. Selain untuk kecantikan, jamu kunyit asam juga memiliki khasiat memperlancar menstruasi.

Kencur

Umumnya, jamu kencur dibuat bersama dengan gula aren sebagai ramuan awet muda. Kencur mengandung minyak atsiri yang baik untuk menangkal radikal bebas sehingga bisa mencegah penuaan dini. Bahkan, jamu yang mengandung kencur digadang-gadang juga sebagai pelangsing alami.


Rewriter : Salimah
Sumber : okezone.com


Berita PortalMadura
Loading...

Komentar