6 Khasiat Tak Disangka Menguapi Wajah Pakai Air Hangat

Avatar of PortalMadura.com
6 Khasiat Tak Disangka Menguapi Wajah Pakai Air Hangat
Ilustrasi (Galamedianews)

PortalMadura.Com – Selain melakukan treatment di klinik kecantikan, perawatan ala rumahan sekarang ini juga banyak digandrungi oleh para kaum pemerhati kulit. Di antara berbagai rekomendasi merawat kulit, ternyata hal sederhana layaknya menguapi wajah juga memiliki manfaat.

Perawatan rumahan ini sangat mudah dilakukan, hanya dengan memerlukan baskom berisi air panas saja, Anda sudah bisa mendapatkan manfaat itu. Tapi, sejauh ini, banyak orang yang belum tahu bahwa menguapi wajah mempunyai khasiat bagi kecantikan kulit.

Lantas, apa saja manfaat yang bisa didapat saat rajin menguapi wajah?. Berikut daftarnya, seperti dilansir PortalMadura.Com, Rabu (20/11/2019) dari laman Hellosehat.com:

Membersihkan Pori

Apakah Anda salah satu orang yang memiliki komedo?. Tentunya, masalah kulit ini cukup mengganggu. Apalagi komedo tersebut nampak secara langsung di bagian wajah. Untuk mensiasatinya, Anda bisa menguapi wajah dengan air panas.

Pasalnya, uap air panas yang diarahkan ke wajah mampu membuka pori-pori sehingga kotoran yang menyumbat cepat terlepas. Membuka pori-pori wajah sama dengan melembutkan komedo sehingga membuatnya lebih mudah untuk diangkat.

Selain itu, membuka pori juga memungkinkan sel kulit mati dan kotoran lain terlepas. Dengan begitu, kecil kemungkinan pori akan tersumbat hingga akhirnya menyebabkan jerawat.

Anda tentu tidak mau kan jika memiliki wajah yang berjerawat?. Manfaat ini mungkin bisa menjadi alasan bagi orang yang kulitnya rentan berjerawat untuk menguapi wajah secara rutin.

Meningkatkan Sirkulasi

Perlu Anda ketahui, kombinasi uap hangat dan keringat yang keluar dari wajah mampu melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi. Peningkatan aliran ini memberi nutrisi pada kulit dan membuat darah mengalir lebih lancar.

Ketika aliran darah lancar, tentunya oksigen yang diangkut bisa didistribusikan dengan baik ke seluruh tubuh. Saat sirkulasi meningkat, wajah akan terlihat lebih bercahaya dan sehat.

Meluruhkan Minyak yang Terperangkap

Sebum merupakan minyak yang diproduksi secara alami oleh kelenjar sebaceous yang ada di jaringan kulit. Minyak ini sebenarnya punya tugas penting yaitu melumasi kulit dan rambut.

Sayangnya, ketika terperangkap di bawah permukaan kulit, sebum jadi tempat berkembang biak bagi bakteri. Hal ini membuat kulit wajah akhirnya ditumbuhi jerawat dan komedo.

Baca Juga : 9 Manfaat yang Bisa Didapat dari Penguapan Wajah

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menguapi wajah dengan air panas untuk melepaskan minyak yang terperangkap di kulit.

Menghidrasi Kulit

Biasanya, kulit yang kering atau tidak terhidrasi dengan baik akan memicu beberapa masalah kulit lainnya. Oleh sebab itu, Anda perlu menguapi wajah. Pasalnya, cara ini mampu melembapkan kulit sehingga terhindar dari kekeringan.

Bukan hanya dari uap airnya saja, wajah juga melembap karena uap bantu meningkatkan produksi minyak. Sedangkan minyak yang diproduksi inilah yang secara alami dapat melembapkan wajah. Namun tenang saja, minyak tidak akan sampai menyumbat pori jika Anda bergegas untuk mencuci muka.

Membantu Kulit Menyerap Produk Lebih Baik

lainnya yang mungkin tidak Anda duga yaitu memaksimalkan penyerapan produk perawatan. Uap air hangat yang diarahkan ke wajah dapat meningkatkan permeabilitas kulit.

Permeabilitas adalah kemampuan yang dimiliki membran untuk meloloskan sejumlah partikel yang menembus atau melaluinya. Ketika kemampuan ini meningkat, produk yang dioleskan di wajah otomatis akan terserap dengan baik sehingga manfaatnya bisa didapat secara maksimal.

Meningkatkan Produksi Kolagen dan Elastin

Siapa coba yang tidak menginginkan kulit kencang layaknya masih anak muda?. Tentu, hampir banyak orang mengharapkannya. Nah, aliran darah yang meningkat selama menguapi wajah ternyata bisa mengencangkan kulit sehingga terlihat lebih muda.

Pasalnya kolagen dan elastin di wajah akan meningkat produksinya. Apa itu kolagen?. Kolagen adalah salah satu protein pendukung utama kulit yang memberikan struktur dan kekuatan untuk kulit. Sementara elastin adalah protein yang membuat kulit mampu membentang ke struktur aslinya.

Selain beberapa daftar di atas, menguapi wajah punya manfaat lain untuk tubuh yaitu membuatnya menjadi lebih rileks. Biasanya sensasi ini didapatkan dengan maksimal ketika Anda menambahkan rempah-rempah atau minyak esensial ke dalamnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.