oleh

6 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi untuk Buka Puasa Saat Perut Kosong

PortalMadura.Com – Pada umumnya, mayoritas umat Islam ingin langsung menyantap hidangan apapun yang ada di depan mata mereka saat masuk waktu berbuka puasa meski perut dalam keadaan keroncongan. Padahal, kebiasaan tersebut berpengaruh terhadap kesehatan.

Memang, sebaiknya Anda menyegerakan untuk berbuka. Tapi, bukan berarti harus terburu-buru menyantap hidangan yang ada. Apalagi, ada jenis makanan serta minuman tertentu yang sebaiknya tidak dikonsumsi ketika perut dalam keadaan kosong.

Loading...

Sebab, saat baru berpuasa seharian penuh, perut bisa sangat sensitif terhadap minuman atau makanan pertama yang masuk ke dalam tubuh. Sebisa mungkin hindari minuman atau makanan ini ketika perut masih dalam keadaan kosong ketika buka puasa. Apa saja?.

Berikut ini enam jenis makanan dan minuman yang sebaiknya tidak Anda konsumsi saat perut kosong:

Makanan yang Pedas
Jangan langsung menyantap makanan pedas saat waktu berbuka tiba. Mengonsumsi makanan pedas saat Anda belum makan apa pun bisa jadi hal yang buruk. Kenapa?. Karena capsaicin (senyawa pedas pada cabai) yang bercampur dengan asam lambung bisa menyebabkan reaksi yang membuat perut sakit dan kram.

Buah Pisang
Sebenarnya mengonsumsi buah saat berbuka puasa juga dianjurkan. Tapi sebaiknya tidak langsung menyantap pisang saat perut dalam keadaan kosong. Buah pisang memang sehat dikonsumsi saat sarapan, tapi makan pisang saat perut kosong bisa menyebabkan kenaikan jumlah magnesium dalam darah. Akibatnya bisa mengacaukan keseimbangan kalsium dalam darah.

Buah Tomat
Kadar asamnya yang tinggi membuat buah tomat kurang baik dikonsumsi saat perut kosong. Asam lambung dan asam di dalam tomat bisa bereaksi dan menimbulkan gas yang dapat membuat sakit perut, kembung, dan begah. Aneka buah asam lainnya, sebaiknya juga tidak dikonsumsi ketika baru masuk waktu berbuka puasa.

Minuman Bersoda
Menikmati minuman bersoda dingin saat berbuka puasa tampaknya bisa langsung menghilangkan dahaga. Tapi, ternyata minuman bersoda kurang baik diminum saat perut dalam keadaan kosong.

Minuman bersoda memiliki asam karbonat tinggi dan ketika asam dalam soda bercampur dengan asam lambung di perut, maka bisa menyebabkan kontraksi dan membuat Anda sakit perut hingga mual-mual.

Kopi dan Minuman Berkafein Lainnya
Menikmati kopi atau minuman berkafein saat perut kosong bisa membuat perut kembung. Hal ini karena kandungan kafeinnya bisa membuat perut menghasilkan gas. Belum lagi kalau Anda punya bawaan penyakit maag, sangat tidak direkomendasikan langsung minum kopi atau minuman berkafein saat baru masuk waktu buka puasa.

Yogurt
Kandungan asam dalam yogurt bisa membuat perut sakit bila dikonsumsi dalam keadaan perut kosong. Memang kandungan probiotiknya baik dan menyehatkan. Tapi, sebaiknya tidak dikonsumsi ketika perut masih kosong.

Pastikan juga Anda mengetahui kondisi perut atau lambung Anda dengan baik. Kenali makanan apa saja yang sering membuat Anda mual atau sakit perut bila dimakan dalam keadaan perut kosong. Karena kondisi tiap orang bisa berbeda satu sama lain. (liputan6.com/Salimah)