6 Manfaat Luar Biasa Buah Asam Bagi Kecantikan

Avatar of PortalMadura.com
6 Manfaat Luar Biasa Buah Asam Bagi Kecantikan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Pernah tahu rasanya asam atau tamarin?. Buah yang memiliki warna cokelat ini bercita rasa asam. Di Indonesia, ia lebih dikenal sebagai bumbu sebuah masakan. Tidak hanya itu, biasanya buah ini juga dikonsumsi untuk mengatasi rasa mual.

Ada juga yang memanfaatkannya sebagai alat untuk membersihkan karat dari benda-benda logam. Sebenarnya, ada beragam manfaat yang bisa didapatkan dari buah asam, termasuk merawat kecantikan.

Sebab, dalam buah ini mengandung nutrisi yang cukup tinggi dan kaya akan vitamin, misalnya vitamin C, antioksidan, karoten, serta mineral seperti magnesium dan potasium. Dari kandungannya itu, tidak heran jika beberapa orang memanfaatkannya untuk meremajakan dan menyehatkan kulit dan rambut.

Berikut ini sejumlah manfaat lain dari buah asam untuk kecantikan yang mungkin belum Anda ketahui, seperti dilansir Merdeka.com, yang dikutip dari Style Craze:

Mencerahkan Kulit

Tidak hanya dikonsumsi, ternyata daging buah asam yang sudah dilumatkan dapat dimanfaatkan untuk mencerahkan warna kulit. Cara mengaplikasikannya mudah saja, cukup rendam 30 gram daging buah asam dalam 150 ml air panas selama 10 menit, kemudian saring.

Lalu, campurkan asam dengan setengah sampai satu sendok teh bubuk kunyit atau air kunyit. Oleskan secara merata pada kulit yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 15 menit, lalu cuci bersih dengan air hangat. Lakukan perawatan ini minimal 3 kali seminggu dan Anda akan mendapatkan kulit yang lebih cerah dan lebih sehat bercahaya.

Selain itu, Anda juga bisa membuat ramuan masker asam dengan cara mencampurkan satu sendok teh air asam segar dengan satu sendok teh lemon dan madu. Pakai campuran masker ini pada wajah Anda dan bersihkan setelah didiamkan selama 15 menit.

Mengangkat Sel Kulit Mati

Buah asam adalah sumber AHA (Alpha Hydroxy Acids) atau asam laktat yang banyak dipakai pada produk-produk perawatan kecantikan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Pengangkatan sel kulit mati ini penting untuk memperbarui kulit yang sudah rusak dan menggantinya dengan sel kulit baru yang lebih sehat dan muda.

Selain itu, eksfoliasi juga penting untuk membersihkan kotoran yang menyumbat hingga ke dalam pori-pori kulit. Untuk membuat scrub dari asam, Anda tinggal mencampurkan satu sendok teh daging buah asam lumat dengan satu sendok teh garam dan 1 sendok makan susu full cream atau yogurt.

Selanjutnya, oleskan campuran tersebut secara merata pada wajah Anda. Lakukan pijatan lembut dengan gerakan melingkar selama 5 sampai 7 menit. Setelah itu bilas kulit dengan air.

Mengatasi Selulit

Munculnya selulit bagi sebagian orang memang cukup mengganggu. Sebab, keberadaannya bisa mengurangi rasa percaya diri. Biasanya, seseorang menggunakan kopi sebagai alternatif solusinya. Tapi tidak hanya kopi dan daun pegagan saja yang bisa mengikis timbunan selulit di permukaan kulit. Buah asam juga bisa mengatasi selulit yang mengganggu penampilan Anda.

Caranya, campur 2 sendok teh daging asam segar yang sudah lumat dengan 1 sendok teh gula pasir, 1 sendok teh jus lemon, dan setengah sendok teh baking soda. Kemudian, oleskan pada kulit dengan menggunakan kuas, lalu gosok dengan lembut dalam gerakan melingkar.

Cara ini dipercaya berguna untuk mengikis tampilan selulit di permukaan kulit secara berkala. Tentu saja Anda harus teratur menggunakan perawatan ini untuk mendapatkan efek yang maksimal.

Melembapkan Kulit

Ternyata, vitamin dan mineral dalam buah asam efektif untuk melembapkan dan menghaluskan kulit Anda. Vitamin C di dalamnya akan menjadikan kulit lebih sehat, lembut, dan kenyal. Untuk mendapatkan manfaat moisturizer ini Anda bisa memanfaatkan air rebusan asam sebagai lulur.

Caranya, siapkan semangkuk air rebusan dari 15 gram asam yang sudah didinginkan. Tambahkan 2 sendok teh bubuk teh hijau. Oleskan secara merata ke kulit Anda. Biarkan hingga mengering, baru kemudian bilas dengan air bersih.

Mengatasi Inflamasi Jerawat

Vitamin A, vitamin C, dan antioksidan dalam asam bertindak sebagai obat alami untuk inflamasi yang disebabkan berbagai permasalahan kulit, antara lain jerawat. Jadi, bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaatnya buat campuran daging buah asam lumat dengan bubuk kunyit dan yogurt segar.

Baca Juga : 7 Khasiat Tersembunyi Buah Asam Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Pakailah untuk masker jerawat atau oleskan pada kulit yang mengalami peradangan. Biarkan hingga kering, kemudian bilas dengan air hangat. Campuran ini tidak hanya akan mengurangi peradangan kulit dan infeksi, tetapi juga menjadikan kulit Anda bercahaya.

Mencegah Rambut Rontok

Di India, asam dikenal sebagai bahan untuk memperkuat rambut dan mencegah rambut rontok. Untuk mendapatkan rambut yang kuat, Anda bisa mencoba merendam segumpal asam dalam air selama 10 menit. Pakailah air rendaman tadi untuk cream bath. Oleskan cairan di kulit kepala dan lakukan pijatan lembut di kulit kepala.

Gunakan handuk panas untuk menutupi rambut dan kulit kepala. Diamkan selama setengah jam. Kemudian bilas secara menyeluruh. Lakukan perawatan ini minimal dua kali seminggu untuk mencegah rambut rontok.

Itulah 6 manfaat utama asam untuk kecantikan Anda. Silakan mencoba perawatan ini di rumah. Anda bisa menggunakan jenis buah asam apa saja. Semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.