oleh

6 Masalah Kesehatan yang Bisa Muncul Akibat Minum Pakai Sedotan

PortalMadura.Com – Sering kali dijumpai di sebuah restoran atau rumah makan ketika memesan minuman disajikan juga sebuah sedotan. Hal ini tidak lain untuk lebih mempermudah seseorang yang minum.

Tapi siapa sangka, penggunaan sedotan dalam jumlah yang besar terutama dengan bahan plastik berbahaya bagi lingkungan. Bahkan, minum menggunakan sedotan bisa menimbulkan sejumlah masalah bagi kesehatan.

Apa saja?. Berikut sejumlah masalah yang bisa muncul dari kebiasaan mengonsumsi minuman pakai sedotan:

Masalah Gigi
Mengonsumsi minuman dengan menggunakan sedotan bisa menimbulkan masalah pada gigi berupa meningkatkan risiko berkembangnya karang gigi. Kandungan gula dari minuman yang disedot dapat langsung menyentuh area gigi tertentu sehingga menimbulkan erosi pada email gigi dan menimbulkan kerusakan gigi.

Perut Kembung
Ketika minum menggunakan sedotan, Anda tidak hanya mengisap minuman saja tetapi juga udara berlebih atau biasa disebut dengan aerophagia. Udara ini masuk pada saluran pencernaan sehingga menyebabkan banyak gas dan perut kembung. Selain itu, hal ini juga bisa menyebabkan Anda sering bersendawa.

Timbulkan Kerutan
Minum menggunakan sedotan ternyata juga bisa membuat kulit terutama di sekitar mulut jadi lebih cepat berkerut. Kerutan pada garis senyum ini bisa muncul karena semakin sering Anda menyedot maka kolagen yang ada di sekitar mulut jadi hilang dan menyebabkan perubahan kulit berupa kerutan.

Menimbulkan Noda pada Gigi
Mengonsumsi minuman menggunakan sedotan bisa membuat gigi lebih rentan mendapat noda. Anda bisa menghindari hal ini dengan cara menempatkan sedotan pada posisi di belakang gigi sehingga minuman dapat meluncur tanpa mengenai bagian dari gigi.

Paparan Unsur Kimia
Sedotan umumnya dibuat dari polypropylene yang merupakan salah satu jenis plastik. Walaupun jenis plastik ini aman untuk makanan, namun di dalamnya terdapat sejumlah kandungan yang buruk bagi kesehatan. Selain itu, penggunaan plastik ini juga dapat menyebabkan penumpukan sampah yang buruk bagi lingkungan.

Konsumsi Gula Berlebihan
Penggunaan sedotan untuk minum terutama pada minuman bersoda dan manis bisa menimbulkan konsumsi gula berlebih pada seseorang. Pasalnya ketika minum menggunakan sedotan, seseorang cenderung minum dengan lebih cepat dan banyak.

Baca Juga : Sumenep Hamburkan Uang Rakyat?

Sejumlah masalah tersebut bisa muncul ketika Anda terlalu sering minum menggunakan sedotan plastik. Oleh karena itu, mulai kurangi kebiasaan minum menggunakan sedotan kecuali ketika dalam kondisi terpaksa.


Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : merdeka.com

Komentar