6 Penyebab Kulit Kaki Kering yang Wajib Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.com

PortalMadura.Com – Hal yang kerap terjadi pada seseorang apalagi wanita adalah memiliki kulit kaki kering, kasar, atau pecah-pecah. Daripada daerah lain di tubuh kaki memiliki kelenjar minyak lebih sedikit. Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan beberapa solusi sederhana yang bisa dilakukan di rumah.

Kulit kering sering muncul di tumit,sisi kaki dan di antara jari kaki. Ini mungkin membuat area tersebut terasa gatal, kencang, dan bahkan menyakitkan. Meskipun tidak berbahaya, kulit kaki pecah-pecah ini dapat mengganggu penampilan.

Anda bisa memberikannya perawatan berupa merendam kaki, memberi pelembab, dan eksfoliasi kulit secara teratur saat kulit . Ini adalah cara umum untuk dapat mengurangi kulit kering pada kaki, menghilangkan area kulit mati dan kapalan, serta mencegahnya terjadi kembali.

Melansir dari fimela.com dikutip MedicalNewsToday, faktor-faktor berikut ini dapat menyebabkan kulit kaki kering dan pecah-pecah. Apakah Anda pernah mengalaminya?

Kurangnya Kelembaban
Kulit kaki kering, pecah-pecah, dan mengelupas sering terjadi pada tumit dan telapak kaki karena daerah ini memiliki lebih sedikit kelenjar minyak daripada kulit di tempat lain pada tubuh.

Gangguan
Berdiri terlalu lama atau mengenakan sepatu yang tidak pas dapat memberikan tekanan konstan pada area tertentu dari kaki atau menyebabkan gesekan kulit. Akibatnya, area kaki ini bisa menjadi kering, kapalan, atau retak.

Panas dan Kelembaban
Panas dan kelembaban menarik kelembaban dari kulit, yang dapat menyebabkan area kering, tebal, atau retak pada kaki. Sepatu tertutup, seperti sepatu running dan sepatu bot, menciptakan lingkungan yang sangat panas dan lembab untuk kaki.

Baca Juga: Korban Tanah Longsor di Sampang Meninggal Dunia

Sabun
Sabun yang mengandung bahan kimia atau iritasi yang keras dapat menghilangkan kelembaban dari kulit. Gagal mencuci sabun berlebih dari kaki juga dapat menyebabkan masalah ini.

Penuaan
Salah satu faktor yang tidak dapat dihindari. Kulit akan kehilangan kemampuannya untuk menahan air dan membuatnya menjadi lebih tipis. Orang yang berusia lebih tua cenderung memiliki kulit kering akibat proses penuaan alami.

Obat-obatan
Obat-obatan tertentu, termasuk diuretik, dapat menyebabkan kulit kering pada kaki.

Mencegah kulit kaki pecah-pecah dan kering yang mengganggu penampilanmu dengan cara-cara sederhana diatas yang bisa Anda lakukan dengan mudah, kapan saja dan dimana saja. Selamat mencoba.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.