oleh

6 Resolusi Sehat di Tahun Baru 2016

PortalMadura.Com – Sebentar lagi tahun baru akan segera tiba. Saatnya bagi setiap orang untuk berpikir dan menyusun resolusi masa depan. Menjaga kesehatan dan menjalankan pola hidup sehat merupakan resolusi tahun baru yang harus diprioritaskan, agar selalu terlihat sehat dan bugar.

Berikut ini adalah beberapa resolusi sehat yang dapat Anda buat dan jalankan di tahun yang baru.

Hidup Tertib
Kebanyakan penyakit muncul sebab hidup kita kurang tertib. Tertib jadwal makan, waktu tidur dan jeda, serta cerdas menakar beraktivitas. Mesin tubuh sama halnya dengan mesin mobil, tak sehat kalau dipacu terus. Perlu jeda, selain perlu di-service secara berkala pula. Cukup bensin, tak kurang oli, dan minyak rem.

Hentikan Kebiasaan Buruk
Di tahun yang baru ini, hentikan kebiasaan-kebiasaan buruk yang selama ini Anda lakukan, misalnya merokok, minum minuman beralkohol, malas berolahraga, sering begadang, atau terlalu banyak makan. Pertama-tama kurangi sedikit demi sedikit. Kemudian gantilah kebiasaan buruk di atas dengan kebiasaan sehat. Kemudian, hentikan sama sekali dan jangan pernah berpikir untuk kembali ke kebiasaan lama Anda.

Perbanyak Asupan Makanan Bergizi
Kurangi konsumsi makanan berlemak dan kudapan yang banyak mengandung penyedap rasa. Kurangi juga menggunakan makanan sebagai pelepas rasa bosan. Cobalah mengudap buah-buahan atau sayuran segar yang sudah dipotong-potong.

Belajar Mengendalikan Stres
Stres dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari beban pekerjaan yang terlalu berat, ketidakharmonisan di dalam keluarga, sampai ke kondisi keuangan yang berantakan, ini adalah beberapa contoh dari distres (stres yang buruk). Namun, ada juga eustres (stres yang baik) yang juga harus dikendalikan. Dengan mengendalikan perasaan Anda, misalnya untuk tidak mudah marah, tidak gampang tersinggung, tidak menyimpan dendam, serta lebih cepat memahami dan mengampuni orang lain.

Rutin Olahraga
Luangkanlah waktu untuk berolahraga, setidaknya sekali seminggu. Anda bisa menetapkan resolusi untuk melakukan beberapa set push-ups, sit-ups, dan pull-ups. Di luar rumah, Anda bisa berlari di taman terdekat atau bersepeda ke tempat kerja.

Tidur Lebih Sehat dan Teratur
Buatlah komitmen untuk memberikan tubuh anda haknya, istirahat atau tidur yang sehat dan berkualitas. Sadar atau tidak, tidur sangat menentukan performa anda keesokan harinya. Kurang tidur dapat mempengaruhi kreativitas, motivasi, produktivitas, konsentrasi, dan tidak baik bagi kesehatan.

Tentukan resolusi sehatmu di tahun yang baru, agar tahun yang akan datang anda akan menjadi lebih sehat dan produktif. (keluarga.Com/choir)


Komentar