oleh

6 Tips Membangun Kepercayaan Dengan Anak Remaja

PortalMadura.Com – Masa remaja adalah masa sangat susah bagi para orang tua untuk mendidik putra-putrinya. Untuk itu, diperlukan kepercayaan bagi para orang tua dalam membangun hubungan dengan anak remajanya.

Tentunya setiap orang tua memiliki mimpi besar bagi anak-anak mereka. Jika Anda ingin impian itu terpenuhi, Anda harus belajar bagaimana menjadi teman yang baik bagi anak Anda. Ingin tahu cara memenangkan kepercayaan anak Anda? Yuk simak tips berikut!

Tepati Janji
Jika Anda berjaji pada anak remaja Anda tepatilah janji itu. Maka anak akan percaya pada Anda, namun jika sebaliknya maka tidak. Jika kita menepati janji ke anak, anak merasa dihargai, dan tumbuh rasa percaya dirinya.

Dengarkan dengan Seksama
Setiap kali Anda mendapati anak remaja Anda bersedia berbicara dengan Anda tentang kehidupannya, ini merupakan kesempatan berharga. Berterima kasihlah kepadanya atas keterbukaannya. Berusahalah untuk tidak banyak bicara. Tanyakan anak remaja Anda apakah dia ingin masukan dari Anda, dan jika iya, sampaikan sesingkat mungkin.

Mereka seringkali tidak mendengarkan lagi setelah beberapa kalimat pertama. Jangan membalas kesediaan anak remaja Anda untuk bersikap jujur kepada Anda dengan ceramah. Jadikan percakapan suatu pengalaman menyenangkan baginya, dan dia akan lebih sering datang kepada Anda ketika dia membutuhkan bantuan.

Mulailah Hari Ini
Rasa percaya dibangun satu bata demi satu bata. Baik Anda sedang memulai memberikan kebebasan kepada anak remaja Anda maupun memulihkan dan membangun kembali dari kepercayaan yang disalahgunakan, orang tua selalu harus memimpin.

Loading...

Berikan gagasan yang jelas tentang pengharapan Anda dengan singkat, dan biarkan dia tahu bahwa Anda memberikan hadiah kepercayaan Anda kepadanya. Sekali lagi, sekarang bukanlah waktunya untuk menceramahinya, melainkan untuk membiarkan dia tahu bahwa kepercayaan adalah sesuatu yang dapat Anda berikan kepadanya. Pilihlah untuk memberikannya sebagai hadiah.

Jangan Mencoba untuk Mengontrol Anak
Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang tua adalah berusaha mengatur segala hal tentang anak mereka. Adakalanya mereka terlalu mengontrol anak mereka atau sebaliknya malah jarang melakukannya.

Sikap itu membuat anak-anak merasa takut, sehingga akhirnya mereka tidak pernah terbuka di depan orang tua. Mereka berusaha menyimpan sendiri masalah mereka dan tidak ingin membaginya dengan orang tua. Maka untuk bisa menjadi teman terbaik bagi anak Anda, jangan mencoba mengikatnya terlalu kuat.

Bersikap Tegas pada Anak, Tetapi Jangan Pernah Berteriak
Jika anak Anda melakukan kesalahan, itu berarti dia membutuhkan bimbingan Anda. Jadi jangan pernah berteriak atau menakuti-nakutinya ketika berbuat salah.
Sebaliknya, bersikaplah sabar dan jelaskan kepada anak Anda apa yang benar dan salah. Sikap ini tentu akan membuat dia merasa lebih dicintai.

Luangkan Waktu Bersama
Pastikan Anda menyisihkan waktu hanya untuk bersamanya. Satu cara bagus untuk tetap terhubung dengan anak remaja Anda dan membangun kepercayaan adalah dengan berminat dalam hal-hal yang mereka gemari – bahkan jika itu bukan kegemaran Anda.

Inilah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjadi lebih dekat dengan anak Anda. (keluarga.com/choir)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar