6 Trik Bikin Acara Masak Bersama Anak Makin Menyenangkan Menurut Ahli Nutrisi

Avatar of PortalMadura.com
6 Trik Bikin Acara Masak Bersama Anak Makin Menyenangkan Menurut Ahli Nutrisi
ilustrasi

PortalMadura.Com – Memanfaatkan hari libur dengan mengajak anak memasak bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan. Selain dapat membangkitkan kecintaan terhadap makanan, kegiatan ini bisa mengasah kemampuan kognitif si kecil, dan juga mengajarkan nilai kesehatan.

Seorang di Brooklyn, Frances Largeman-Roth, memberikan beberapa cara yang bisa diterapkan orang tua agar kegiatan bersama anak di dapur menjadi hal yang menyenangkan.

Berikut ini ulasannya:

Ajak Anak-anak ke Dapur
Largeman-Roth mengatakan banyak orang tua cenderung mengusir anaknya saat mereka menuju dapur. Alasannya karena anak-anak dianggap mengganggu dan banyak benda berbahaya di dapur.

Padahal, mengajak anak ke dapur akan membuat imajinasinya berkembang. Biarkan anak menghirup aroma masakan Anda dan melihat apa yang sedang dimasak, mereka akan takjub.

Jadwalkan Waktu Masak Bersama
Tetapkan satu hari sebagai waktu memasak bersama anak. “Orang tua bisa memilih akhir pekan atau waktu liburan sekolah. Jika sudah menjadwalkan hari, maka harus komitmen untuk tidak menonton televisi atau melakukan hal lain kecuali memasak bersama,” kata Largeman-Roth.

Pilih Resep yang Mudah
Largeman-Roth menyarankan untuk memilih resep masakan yang mudah dibuat dan simpel. Pastikan bahan yang digunakan tidak terlalu banyak serta masakan cepat proses mengolahnya.

“Cobalah membuat sup sehat, puding roti atau lainnya yang mungkin hanya menghabiskan waktu memasak 25 menit saja. Buat hidangan yang juga bisa dibuat anak, misalnya mereka bisa menaburkan jeruk, cokelat atau pistachio pada makanannya,” saran Largeman-Roth.

Anak-anak juga bisa memilih resepnya sendiri yang mungkin mereka dapatkan dari buku resep.

Sabar
Orang tua harus banyak bersabar karena memasak bersama anak biasanya akan memakan waktu lebih lama. Jika biasanya bisa matang dalam 30 menit, maka saat memasak bersama anak pasti menghabiskan waktu 40-45 menit.

Sebagai orang tua, Anda harus sabar karena ini adalah cara mengajar anak. Biarkan anak berkreasi namun tetap di bawah pengawasan Anda.

Mencicip Masakan
Poin penting setelah kegiatan ini berakhir adalah mencicip masakan. Menurut Largeman-Roth, setiap orang setidaknya harus mencicip masakannya. Anak-anak cenderung lebih semangat makan-makanan yang mereka masak. Saat masakannya terasa enak, mereka pasti akan senang melakukan kegiatan masak bersama di lain waktu.

Ajak Anak untuk Membersihkan Dapur
Setelah proses memasak usai, pasti ada piring, mangkuk, sendok, panci yang kotor. Belum lagi tepung dan air yang tumpah. Ajak anak turut membersihkannya sebelum meninggalkan dapur. (detik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.