PortalMadura.com

60 Persen Kasus Narkoba, Lapas di Jawa Timur Over Kapasitas

  • Senin, 23 Oktober 2017 | 13:04
60 Persen Kasus Narkoba, Lapas di Jawa Timur Over Kapasitas
dok. Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kanwil) Jawa Timur, Giri Purbadi (Foto : Marzukiy)

PortalMadura.Com, Pamekasan – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di seluruh Jawa Timur sudah tidak mampu menampung menyusul membeludaknya Narapidana (Napi) dari berbagai kasus.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kanwil) Jawa Timur, Giri Purbadi mengungkapkan, idealnya dari sekian Lapas yang ada saat ini hanya bisa menampung sebanyak 8.700 napi, tetapi faktanya sekarang sudah melebihi kapasitas dengan dihuni 24.500 lebih warga binaan.

“Kita sudah jelas over kapasitas, Lapas kita hanya menampung 8.700 sekian, tapi sekarang sudah menampung 24.500 lebih lah, kondisi seperti ini sebenarnya tidak sehat,” ungkapnya saat berada di Pamekasan, Senin (23/10/2017).

Mantan Kalapas Suka Miskin ini menambahkan, dari jumlah keseluruhan napi di Jawa Timur, tercatat sebanyak 60 persen adalah kasus narkoba. Tentunya, fakta itu menjadi indikasi besar bahwa peredaran narkoba sudah sangat memprihatinkan.

“Dengan kondisi sulit seperti ini, kami berharap kerja sama dengan kepolisian dan komitmen pegawai kita untuk mengurangi kasus narkoba ini,” tambahnya.

Dia meyakini, apabila kerja sama berjalan baik dengan pihak kepolisian, maka peredaran narkoba dipastikan terus berkurang. Tentu, tidak harus saling menyalahkan dalam pemberantasan barang haram tersebut.

“Tidak ada yang menghalang-halangi, BNN atau apa, kalau memang ada jelas, ayo kita tuntaskan bersama-sama. Seluruh Kalapas sudah komitmen, jadi harus ada sinergi, jangan saling mencurigai, tidak boleh,” tegasnya.

Giri Purbadi melanjutkan, semua Lapas di daerahnya sudah melebihi kapasitas, seperti Lapas Madaeng dan Lapas Porong Sidoarjo, karena ukuran kamar 3×4 meter diisi hingga 30 warga binaan. Dengan kondisi ini tentu jumlah tampung Lapas sudah tidak wajar.

“Lapas Narkotika yang baru ini hanya di sini (Pamekasan) dan Madiun, dan semua Lapas mayoritas isinya adalah kasus narkoba,” tutup dia. (Marzukiy/Putri)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional