7 Cara Bikin Tubuh Tetap Bugar dan Semangat Bekerja di Bulan Puasa

Avatar of PortalMadura.com
7 Cara Bikin Tubuh Tetap Bugar dan Semangat Bekerja di Bulan Puasa
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat bulan Ramadan, aktivitas kerja tentu harus tetap dijalankan. Berpuasa tidak menjadi alasan seseorang untuk tidak bekerja. Namun, sebagian besar kantor mengurangi jam kerja karyawannya hingga 1-2 jam.

Hal ini, agar mereka bisa berbuka dan menjalankan ibadah bersama keluarga di rumah. Jam kerja yang dikurangi sedikit ini diharapkan bisa tetap efektif sebagaimana biasanya. Sayangnya, tidak jarang sebagian karyawan mengeluhkan rasa lelahnya. Nah, jika ingin tetap fit dan bersemangat di bulan puasa, ada beberapa hal yang perlu mereka perhatikan.

Berikut tujuh cara bikin tubuh tetap bugar dan di bulan Ramadan:

Jangan Lupa Sahur
Ibarat sarapan, sahur merupakan kegiatan yang diwajibkan saat bulan Ramadan. Selain tubuh butuh asupan untuk siang hingga menjelang waktu berbuka puasa, sahur juga bernilai ibadah.

Berbuka dengan Tenang
Jangan pernah makan dengan tergesa-gesa. Meskipun seharian sudah menahan lapar dan haus, Anda harus mengingat kembali makna dari berpuasa. Sebaiknya Anda juga mengonsumsi buah kurma.

Buah kurma memiliki banyak manfaat, di antaranya sebagai sumber energi, mencegah insomnia, juga dapat meningkatkan daya ingat dan kerja otak. Sehingga cocok sekali bagi Anda yang sibuk bekerja untuk mengonsumsi buah kurma setiap harinya ketika berbuka.

Banyak Minum Air Putih
Walau tidak memiliki rasa, ternyata air putih memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan dan juga membangkitkan semangat serta kepercayaan diri. Karena khasiatnya ini, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi air putih delapan gelas perhari atau setara dua liter.

Bagaimana caranya minum 8 gelas air putih dalam sehari saat bulan puasa?. Anda dapat membaginya menjadi dua waktu, empat gelas saat sahur dan empat gelas lagi saat berbuka.

Olahraga Ringan
Kalau bulan puasa, kapan waktu yang tepat untuk berolahraga?. Tidak usah bingung, karena Anda bisa melakukannya di malam hari, tidak perlu lama-lama secukupnya saja. Anda bisa memilih waktunya, 15 menit sebelum berbuka atau 15 menit setelah berbuka.

Konsumsi 4 Sehat 5 Sempurna
Untuk memenuhi asupan tubuh, Anda perlu mengonsumsi karbohidrat, lemak, protein, kalsium agar tetap terlihat segar meskipun sedang berpuasa.

Jaga Pola Tidur
Saat puasa, Anda mungkin merasa kurang tidur karena harus terbangun saat sahur. Karena biasanya saat puasa pola tidur dan pola makan akan ikut berubah.

Akan tetapi, jangan jadikan hal tersebut sebagai alasan untuk Anda tidak bersemangat menjalani hari. Pola tidur yang baik akan menunjang produktivitas dan ketahanan daya tubuh.

Konsumsi Vitamin
Selama bulan puasa, penting untuk mengonsumsi vitamin. Selain itu, pada bulan Ramadan, biasanya banyak pedagang menjajakan kurma sebagai santapan awal berbuka. Manfaat kurma ini baik sekali, salah satunya mengembalikan energi setelah berpuasa seharian. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.