5 Aktivitas Bermanfaat yang Bisa Orang Tua Lakukan Bersama Si Kecil Saat Ramadan

Avatar of PortalMadura.com
5 Aktivitas Bermanfaat yang Bisa Orang Tua Lakukan Bersama Si Kecil Saat Ramadan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Ramadan merupakan waktu yang tepat bagi orang tua untuk mengajarkan anak berbagai aktivitas yang bermanfaat. Pasalnya di bulan suci ini, mayoritas orang tua memiliki banyak waktu di rumah dan bisa berkumpul bersama si kecil.

Untuk itu, Anda perlu mengajak buah hati Anda melakukan hal-hal yang berpengaruh positif terhadap tumbuh kembangnya demi masa depan si kecil. Sebenarnya, ada beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan bersama si kecil di bulan Ramadan.

Apa saja?. Berikut ini ulasannya:

Ajak Anak ke Masjid
Bagi ayah yang bekerja, pada saat weekdays maka jangan lewatkan kesempatan mengajak anak-anak untuk salat bersama di masjid pada saat berkumpul di rumah. Hal ini bisa berdampak positif sebagai edukasi agar kelak anak-anak mencintai untuk salat berjemaah di masjid.

Pertimbangkan usia anak-anak yang memungkinkan untuk dibawa ke masjid. Orang tua juga perlu mensosialisasikan pada anak untuk bisa mengikuti jalannya ibadah salat berjemaah dengan tertib dan tidak mengganggu yang lain.

Mengajarkan Membaca Alquran
Bagi orang tua yang mampu baca Alquran, maka Anda bisa mengajarkan kepada anak-anak untuk belajar membaca Alquran. Sebagai alternatif, memanggil guru mengaji secara privat juga bisa menjadi pilihan untuk bisa lebih memperdalam kemampuan membaca Alquran bagi orang tua dan anak.

Membaca
Ketika Anda berkumpul dengan sang buah hati, Anda bisa membacakan cerita-cerita bernuansa Islami. Mendampingi anak bisa membuat mereka lebih tertarik terhadap kisah yang diceritakan.

Membacakan cerita Islami kepada anak-anak juga membantu mereka mengenal perjalanan dan perjuangan Nabi, memberikan gambaran kepada anak indahnya berbagi dan berbuat baik kepada sesama.

Menyiapkan Makanan Buka Puasa
Pada saat Ramadan, orang tua bisa menyiapkan hidangan berbuka puasa dengan melibatkan anak-anak. Misalnya, Anda bisa membuat kue dan memberikan sebagian tugas ringan kepada anak.

Dengan melibatkan anak membuat kue, maka anak bisa ikut merasakan kegembiraan saat menyiapkan hidangan untuk berbuka puasa. Membuat kue bersama anak-anak juga sebagai edukasi hal-hal yang berkaitan dengan dapur.

Dekorasi Rumah
Ketika berkumpul bersama anak-anak, orang tua bisa mendekorasi barang-barang di rumah dan mengajak anak untuk membuat dekorasi sederhana. Dekorasi sederhana itu, misalnya membuat hiasan yang bisa ditempel di pintu atau digantungkan di jendela-jendela. (okezone.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.