7 Cara Cepat Belajar Mengendarai Motor Kopling

Editor: Desy Wulandari
6 Cara Aman Jadi Penumpang Sepeda Motor
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Belajar motor bagi pemula perlu didampingi oleh yang sudah ahli atau berpengalaman. Apalagi belajar motor kopling. Motor jenis ini hampir sama dengan manual hanya saja harus diimbangi dengan menekan tuas kopling.

Memang jika menggunakan motor dengan transmisi kopling sedikit merepotkan, karena jika tarikan gas dan kopling tak sejalan biasanya motor akan langsung mati. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara mengendarai motor kopling. Bagaimana caranya? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com, berikut ini penjelasannya:

Mempersiapkan Fisik dan Mental

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu mempersiapkan mental dan fisik terlebih dahulu, tidak lupa persiapkan kondisi motor agar enak saat dikendarai. Agar terhindar dari kecelakaan, pada proses pengecekan diharapkan lebih teliti dalam melihat komponen-komponen motor.

Sebaiknya, mencoba terlebih dahulu motor di tanah lapang atau halaman depan rumah. Agar mesin motor tidak mati karena penekanan kopling dan gas yang tidak seirama.

Periksa Komponen Motor Sebelum Berkendara

Saat tahap pertama telah berhasil dilakukan, di tahap kedua ini Anda harus memastikan jika tuas gigi transmisi dalam keadaan netral. Karena jika tidak, motor kopling akan sulit untuk dinyalakan.

Cara Menggunakan Tuas Kopling

Apabila Anda telah memasukkan tuas gigi ke posisi satu, maka tuas kopling harus dilepas bersamaan secara perlahan dan jangan menarik gas saat mesin motor belum bergerak. Jika tuas gas ditarik terlebih dahulu, tentunya Anda yang baru pertama kali belajar motor kopling akan merasa kaget.

Baca Juga:  Lakukan 10 Hal Ini Saat Mobil Tak Bisa Dinyalakan

Tidak hanya itu, apabila tuas kopling ditarik dengan cepat maka mesin motor akan langsung mati dengan spontan. Memang Anda dituntut untuk bersabar dalam menyeimbangkan diri agar dapat mengendarai motor kopling dengan nyaman.

Cara Memindahkan Transmisi Gigi

Setelah melakukan perpindahan gigi ke posisi satu, lanjutkan dengan memindah gigi ke posisi dua. Caranya masih sama dengan yang diatas yaitu menarik tuas kopling dilanjutkan dengan menaikkan pedal transmisi.

Anda harus dengan teliti dalam melakukan perpindahan ini, hal ini dikarenakan motor kopling menggunakan transmisi manual. Sehingga perpindahan gigi pun harus diperhatikan secara detail.

Untuk melakukan penarikan ini, usahakan dengan tenaga yang cukup. Karena jika tidak transmisi akan kembali pada posisi netral.

Urutan Gigi Transmisi Motor Kopling

Saat memindahkan tuas transmisi, Anda harus benar-benar mengenali jenis transmisi apa yang digunakan pada motor kalian. Karena sebagian besar saat ini motor kopling menggunakan jenis percepatan 5 dan 6. Gigi yang digunakan adalah posisi (1-N-2-3-4-5-6) atau (1-N-2-3-4-5).

Cocokkan Kecepatan Berkendara dengan Tuas Kopling

Tidak hanya proses perpindahan gigi saja yang harus diperhatikan, namun, Otolovers juga harus memperhatikan antara gigi dan kecepatan. Jika kecepatan motor rendah atau 20 km/jam, sebaiknya menggunakan gigi dua.

Baca Juga:  Lakukan 10 Hal Ini Saat Mobil Tak Bisa Dinyalakan

Namun, jika kecepatan motor mencapai 40 km/jam, sebaiknya otolovers menggunakan gigi tiga. Dan untuk motor dengan kecepatan lebih dari 60 km/ jam gigi empat adalah pilihan yang tepat untuk digunakan.

Lalu, bagaimanakan gigi lima dan enam? Kedua posisi gigi ini cocok untuk digunakan apabila kecepatan motor kopling menengah ke atas. Tujuan mencocokkan gigi dan kecepatan adalah tak lain untuk memudahkan saat menaikkan atau menurunkan transmisi gigi.

Cara Menurunkan Tuas Kopling

Cara yang tepat untuk menurunkan transmisi gigi adalah dengan menekan pedal ke bagian depan bersamaan dengan menarik tuas kopling. Tuas kopling ditarik secara perlahan untuk tetap menjaga keseimbangan.

Disarankan apabila Anda masih dalam tahap awal mengendarai motor kopling sebaiknya menggunakan gigi tiga agar posisi berkendara tetap stabil dan dapat dengan mudah untuk menambah maupun mengurangi kecepatan.

Demikian, cara mengendarai motor kopling yang dapat Anda terapkan saat sedang belajar, dan jangan lupa untuk selalu memperhatikan secara teliti saat melakukan perpindahan gigi dan menekan tuas kopling agar motor tetap dalam keadaan menyala.


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.