7 Cara Cerdas Bikin Ibu Tiri Dekat dan Bahagia dengan Anak

Avatar of PortalMadura.com
7 Cara Cerdas Bikin Ibu Tiri Dekat dan Bahagia dengan Anak
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat memilih untuk menikah dengan seorang duda beranak, hal ini merupakan peran yang menantang. Sebab, menjadi seorang bukan perkara yang mudah. Banyak tantangan yang harus dihadapi, terutama dalam menjalin hubungan dengan anak.

Akan tetapi, sebenarnya menjadi seorang ibu tiri juga bisa membahagiakan dalam hidup. Asal tahu caranya, seorang ibu tiri juga bisa bahagia dan . Lantas, bagaimana caranya?.

Berikut tujuh cara bikin ibu tiri dekat dengan anak:

Nikmati Waktu dengan Anak Pasangan
Meluangkan waktu berkualitas dengan anak pasangan bisa menjadi hal yang menyenangkan. Mencari kesukaan yang sama, bakal mempermudah dekat dengan anak tiri.

Membiarkan Pasangan Menjaga Buah Hatinya
Walau menjadi ibu tiri, bukan otomatis segala aktivitas anak diurus. Biarkan sang ayah kandung mengurus buah hatinya.

Izinkan Pasangan Terapkan Disiplin pada Anak
Bila Anda menjadi ibu tiri yang galak dan menerapkan disiplin ketat pada anak, besar kemungkinan anak jadi tidak suka. Jadi, biarkan sang ayah untuk menerapkan disiplin pada buah hatinya. Bila suami meminta bantuan, Anda bisa membantu sesuai kemampuan.

Buat Aturan Bersama di Rumah
Untuk memastikan segala hal di rumah berjalan lancar, diperlukan aturan yang jelas. Nah bila anak sudah besar, ajak dia berdiskusi tentang aturan yang ada.

Terima Perasaan Anak tentang Anda
Seorang ibu tiri punya tekanan agar dia mencintai anak dari pasangan, dan sang anak juga mencintai dirinya. Namun, cinta tidak bisa dipaksa.

“Jika Anda langsung mencintai anak tiri Anda itu luar biasa. Namun jika tidak, tidak masalah. Asalkan tetap baik, menghargai, dan perhatian padanya,” kata seorang penulis buku The Happy Stepmother, Rachelle Kartz.

Beri Contoh Baik
Sebagai orang dewasa, ibu tiri memiliki tugas juga bersama ayah untuk meletakkan fondasi kebaikan dalam keluarga.

Bila Kebaikan Ditolak Anak, Jangan Anggap sebagai Serangan
Sebagian ibu tiri berusaha keras agar disukai oleh anak. Bila cinta ditolak anak, tentu merasa sakit. Namun, anak tiri pasti punya alasan dia melakukan itu. Mungkin dia jadi bingung bila ada orang tua lagi dalam hidupnya atau dia tidak merasakan kedekatan dengan Anda.

Bila ini terjadi, ibu tiri mau tidak mau harus menerima tanpa perlu menganggap penolakan dari anak sebagai serangan terhadap anak. Biasanya, seiring berjalannya waktu, dia akan terbuka dengan kehadiran ibu tiri. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.